Mantan Menteri Jokowi Ini Diprediksi Maju di Pilpres 2024, Berpeluang Gandeng AHY Putra SBY

Mantan Menteri Jokowi Ini Diprediksi Maju di Pilpres 2024, Berpeluang Gandeng AHY Putra SBY

Editor: Heri Prihartono
Tribunnews/Dani
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman 

TRIBUNJAMBI.COM, MAKASSAR – Bursa Pilpres 2024 mulai menghangat sejak beberapa bulan lalu, meski agenda lima tahunan itu masih jauh.

Dalam bursa Pilpres 2024, Beberapa nama tokoh seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono putra SBY hingga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan digadang-gadang akan menjadi kandidat kuat.

Bahkan, tokoh wakil dari daerah timur Indonesia disebut-sebut punya peran besar untuk kemenangan Pilpres 2024 mendatang.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang merepresentasikan Pulau Jawa dan Pulau Sulawesi dianggap sebagai paket yang paling ideal di Pilpres mendatang.

Baca juga: Pandji Kena Masalah Gegara Sebut FPI, Denny Siregar: Hati-hati Lho, Nanti NU & Muhammadiyah Marah!

Pasalnya, paket Jawa-Sulawesi dinilai merepresentasikan kawasan barat dan timur Indonesia sehingga semua rakyat merasa terwakili.

Paket seperti ini sudah terbukti dan selalu memenangkan Pilpres sejak pemilihan langsung dilaksanakan tahun 2004 silam.

Periode pertama SBY dan Jokowi yang menggandeng Jusuf Kalla, salah satu bukti paket ideal kemenangan Pilpres sebelumnya.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir menyebutkan paket Pulau Jawa-Sulawesi secara analisis geopolitik memiliki kans yang lebih besar dibanding simulasi paket lainnya.

“Indonesia Timur memiliki kantong 16 persen suara pemilih.

"Dan Sulawesi Selatan masuk urutan ke 8 DPT terbesar di Indonesia.

"Karenanya SDM yang mewakili Sulsel di kancah nasional selalu mewarnai pemerintahan di tingkat nasional sejak Indonesia merdeka,” ulasnya.

Menurut peneliti senior ini, paket SBY-JK dan Jokowi-JK adalah bukti nyata potensi kemenangan simulasi paket Jawa-Sulawesi dalam pertarungan Pilpres sebelumnya.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Tribun Jambi/Samsul Bahri)

IPI meyakini salah satu tokoh asal timur Indonesia yang berpeluang untuk bertarung di Pilpres mendatang adalah Andi Amran Sulaiman.

“Saya melihat bahwa calon-calon presiden dari Pulau Jawa akan kembali mengikuti pola SBY dan Jokowi untuk mencari figur dari Indonesia Timur," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved