Breaking News:

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal 4 Jambi Membaik, Haryadi: Lebih Baik Dibanding Daerah Lain

Tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Jambi di luar prediksi karena di luar dugaan terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi cukup anjlok.

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Fifi Suryani
DOK PRIBADI
Pakar ekonomi, Prof Dr H Haryadi, SE MM S, yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Jambi di luar prediksi karena di luar dugaan terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi cukup anjlok.

Pakar Ekonomi Jambi, Prof Dr H Haryadi, SE, MMS, yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mengatakan, ekonomi Provinsi Jambi tahun 2020 di luar prediksi sebelumnya karena terjadinya pandemi Covid-19, sehingga merubah semua perencaaan. Jadi pemerintah lebih berfokus pada penanganan dalam mengatasi Covid-19.

Anggaran di Provinsi Jambi lebih diarahkan dalam penanganan Covid-19.

“Jadi ekonomi Jambi tahun 2020 yang diharapkan positif menjadi negatif karena terjadinya pandemi Covid-19,” ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (14/1).

Pada Triwulan I pertumbuhan ekonomi Jambi masih positif, triwulan II tumbuh negatif, dan terjadi kontraksi , triwulan III masih negatif, triwulan IV relatif membaik.

“Tahun 2020 itu memang semua pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi, baik dunia, Indonesia, maupun Provinsi Jambi,” katanya.

Haryadi mengatakan, Pemerintah Jambi pada tahun kemarin itu lebih berfokus kepada Pilkada dibanding dengan pembangunan, jadi fokusnya terpecah.

Termasuk instansi atau SKPD-nya, pemimpin daerah ikut pilkada dan kabupaten-kabupaten pun juga ada pilkada, ini menjadi perencanaan ekonominya kurang fokus jadi pertumbuhan ekonomi melambat.

Namun, pertumbuhan ekonomi di Jambi saat ini relatif lebih baik dibandingkan beberapa daerah-daerah diluar Jambi.

“Yang membantu ekonomi Jambi ini relatif baik berkontribusi besar itu dari sektor transportasi, informasi dan pertanian di triwulan saat ini,” ucapnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved