Breaking News:

Berita Kerinci

Ada Kades yang Ditahan, Kadis PMPD : Ini jadi Pelajaran Bagi Kades yang Lain

Kasus dugaan Korupsi Dana Desa dengan tersangka Kepala Desa Koto Dua Baru, kecamatan Air Hangat Barat..

Dok/Manado Tribunnews
Ilustrasi. Korupsi dana desa 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kasus dugaan Korupsi Dana Desa dengan tersangka Kepala Desa Koto Dua Baru, kecamatan Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci, telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sungai Penuh.

Namun, hingga saat ini Pemerintah kabupaten Kerinci melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kerinci belum mengambil sikap. 

Kepala Dinas PMPD Kerinci, Sahril Hayadi dikonfirmasi belum bisa berkomentar banyak terhadap status Kepala Desa Koto Dua Baru yang ditahan dalam kasus dugaan Korupsi Dana Desa. 

"Belum bisa berkomentar banyak, kita lihat dulu proses hukum di kejaksaan," jelasnya. 

Selain itu, Sahril juga mengingatkan kepada Kepala desa dalam kabupaten Kerinci,  untuk dapat mempergunakan Dana Desa sesuai dengan aturannya. 

"Ini menjadi pelajaran bagi kades yang lain, agar jangan menyelewengkan penggunaan Dana Desa. Karena DD itu untuk masyarakat," ingatnya. 

Untuk diketahui sebelumnya, Kasus yang menjerat Kades Koto Dua Baru tersebut, Dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan APBDes Tahun 2018 dan 2019 Desa Koto Dua Baru, Kec. Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci.

Di mana Dana pembangunan fisik dari APBDes 2018 telah ditarik dari rekening, namun Pembangunan Gedung Seni dan Pendidikan tidak sesuai dengan RAB, kemudian Pembangunan Irigasi (APBDes 2018) tidak dilaksanakan (progres 0%), kemudian Dana dari APBDes 2019 yang ditarik dari rekening tidak ada SPJ dan tidak digunakan sesuai peruntukan (pembangunan jalan lingkungan dan irigasi), melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Dari Hasil Audit PKKN oleh APIP Provinsi Jambi terdapat kerugian keuangan negara senilai Rp. 758.732.900,00, yang berasal dari selisih realisasi pekerjaan fisik dengan RAB serta adanya pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan (progres 0%).

Baca juga: CATAT! Jadwal Siaran Langsung Badminton Thailand Open I 2021 di TVRI, Mulai Selasa Pukul 09.00 WIB

Baca juga: Ibu Kandung yang Dilaporkan Anaknya Bantah Telah Berselingkuh : Fitnahnya Kok Menyudutkan Saya

Baca juga: LINK NONTON Thailand Open 2021 di TVRI Online, Jadwal Pertandingan Jojo, Ginting hingga Fajar/Rian

(Tribunjambi/herupitra)

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved