Breaking News:

Tim Pengmas Universitas Indonesia Melakukan Intervensi Sosial Dalam Pengelolaan Gambut

Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Universitas Jambi menyelenggarakan program ‘Pengabdian Masyarakat’ (Pengmas) di Desa Parit

Istimewa
Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Universitas Jambi menyelenggarakan program ‘Pengabdian Masyarakat’ (Pengmas) di Desa Parit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, sejak April sampai Desember 2020 

Tim Pengmas Universitas Indonesia Melakukan Intervensi Sosial Dalam Pengelolaan Gambut

TRIBUNJAMBI.COM - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Universitas Jambi menyelenggarakan program ‘Pengabdian Masyarakat’ (Pengmas) di Desa Parit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, sejak April sampai Desember 2020. 

Kegiatan ini dibiayai dan didukung dengan pendanaan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan (DPPM) Univesitas Indonesia. Program yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan para praktisi ini memiliki berkeyakinan bahwa masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih komprehensif dalam upaya restorasi gambut berkelanjutan.

Baca juga: DJ Dinar Candy Keluarkan Celana Dalam, Suka Warna Oranye Model Jaring-Jaring; Semilir!

Baca juga: Menyulap Maggot Dari Limbah Organik Menjijikan Menjadi Uang

Baca juga: INILAH Syarat & Jadwal Pendaftaran Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA.2021, Minimal Lulusan SMP

"Pendampingan dan penguatan lembaga sosial masyarakat dilakukan untuk menyatukan visi dan misi serta mensepakati aturan-aturan yang perlu ditentukan agar berlangsung secara berkelanjutan termasuk membentuk pejuang atau laskar gambut yang terdiri dari beberapa orang wakil masyarakat yang memperoleh pengetahuan lebih dan akan menjadi penggerak di daerahnya,” ujar pengusul pengmas UI, Agus Brotosusilo.

“Melibatkan organisasi lokal sangat penting, karena tingkat sustainability kelembagaan masyarakat lokal akan rendah jika belum berhasil mengembangkan jejaring baik secara horizontal (masyarakat belum mampu berjejaring dengan lembaga lain di luar masyarakatnya) maupun vertikal (pemerintah belum memberikan ruang yang luas bagi partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kreativitas maupun pengambilan keputusan),” kata Agus.

Baca juga: AKHIRNYA! Komnas HAM Dapatkan Rekaman Percakapan & CCTV Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI, Penjelasannya

Baca juga: Cerita Horor Kuburan Jaran, Misteri Istri Gono yang Disebut Bukan Manusia, Ngeri

Baca juga: Selalu Ditolak saat Diminta Berzina, Oknum PNS Bacok Kekasihnya di Depan Ayah Kandung Korban

Tujuan utama program ini adalah, memberikan pengetahuan dengan intervensi sosial mitigasi dan tanggap darurat pemadaman api kebakaran lahan gambut. 

Kegiatan diikuti 30 orang peserta dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, keahlian/keterampilan kepada peserta (masyarakat di Desa Pari tentang mitigasi dan tanggap darurat pemadaman api kebakaran lahan gambut.

 “Hal ini perlu dilakukan karena berdasarkan laporan tahunan Badan Restorasi Gambut Nasional tahun 2016 kondisi lahan gambut di kabupaten Muaro Jambi provinsi Jambi masih memprihatinkan dengan dibukanya drainase untuk keperluan pertanian dan perkebunan. Kondisi ini mengakibatkan permukaan air tanah mengalami penurunan yang berdampak pada keringnya lahan gambut di musim kemarau sehingga memicu kebakaran,” kata Agus.

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Talking to the Moon - Bruno Mars

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Just The Way You Are - Bruno Mars

Baca juga: Jadwal K-Movievaganza Trans 7 Spesial Tahun Baru, Ada Midnight Runners Hingga Train To Busan

Hadir pada saat Pengemas dilaksanakan seluruh aparat pemerintahan desa, Ketua dan Sekretaris BPD, ketua PKK dan anggota penggerak PKK,  l, Ketua UMKM, karang taruna dan anggotanya, ketua Rt 01, 02, 03, 09, LPM, serta warga Desa Parit seluruh peserta berjumlah 30 orang dan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved