Breaking News:

Partai Golkar Menangi Pilkada 2020 di 165 Daerah, Pengamat Ini Singgung Peran Airlangga Hartarto

Pengamat politik Emrus Sihombing mengungkapkan alasan Partai Golkar mampu memenangi 165 di Pilkada 2020.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 3, Pilar Saga Ichsan hak pilihnya pada tahapan pencoblosan Pilkada 2020 di tempat pemungutan suara di (TPS) 24 Sutera Narada, Pakulonan, Serpong Utara, Tangsel (9/12/2020). Pilar datang bersama sang istri bernama Raden Roro Truetami Ajeng Soeditomo. 

Partai Golkar Menangi Pilkada di 165 Daerah, Pengamat Politik Ini Singgung Peran Airlangga Hartarto

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing mengungkapkan alasan Partai Golkar mampu memenangi 165 di Pilkada 2020.

Emrus menerangkan salah satu faktornya adalah karena jeli memilih kader yang dapat bersaing dengan tangguh. Kemudian, faktor Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang smart dan jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh," ujar Emrus saat dikonfirmasi Tribun, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Partai Gerindra Menderita, Jagoannya di 7 Provinsi Ini Tumbang, Update Quick Count Pilkada 2020

Baca juga: Karni Ilyas Skak Mat Fadli Zon Karena Ini, Drama Partai Gerindra Dipermalukan Saat Live di TV One

Baca juga: Rizieq Shihab Ditahan Polda Mentro Jaya, Fahri Hamzah Mendadak Tulis Puisi untuk HRS, Begini Isinya

Baca juga: HRS Ditahan Polda Metro Jaya, Ini Permintaan Imam Besar FPI Habib Rizieq

Emrus berpandangan Airlangga juga mumpuni melakukan supervisi dan mengevaluasi program kandidat. Sehingga program tersebut cocok diimplementasikan di masing-masing daerah.

Emrus juga melihat variabel pendukung dari kandidat yang diusung Golkar. Antara lain, popularitas, aseptabilitas, kapabilitas dan daya tarik.

Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 3, Pilar Saga Ichsan hak pilihnya pada tahapan pencoblosan Pilkada 2020 di tempat pemungutan suara di (TPS) 24 Sutera Narada, Pakulonan, Serpong Utara, Tangsel (9/12/2020). Pilar datang bersama sang istri bernama Raden Roro Truetami Ajeng Soeditomo.
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 3, Pilar Saga Ichsan hak pilihnya pada tahapan pencoblosan Pilkada 2020 di tempat pemungutan suara di (TPS) 24 Sutera Narada, Pakulonan, Serpong Utara, Tangsel (9/12/2020). Pilar datang bersama sang istri bernama Raden Roro Truetami Ajeng Soeditomo. (Warta Kota/Henry Lopulalan)

Kemudian, kandidat memiliki komunikasi yang persuasif, matang dalam berpolitik, dan diterima masyarakat di daerah pemilihan.

"Ini dilakukan Partai Golkar dan para kader untuk memenangkan Pilkada 2020 yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari Ilmu Komuniksi Politik," tuturnya.

Emrus menyebut Golkar bisa menjadi contoh dalam kontestasi politik. Khususnya sebagai model dalam kontestasi pemilu yang akan datang. "Dan tidak berlebihan jika menjadi rujukan bagi partai lain di Indonesia," kata Emrus.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Golkar Menang Pilkada di 165 Daerah, Begini Ulasan Pengamat.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved