Breaking News:

Harga Cabai

Harga Cabai di Jambi Meroket ke Rp80 Ribu per Kilogram, Pasokan Berkurang Pasca Pilkada

Harga cabai merah di Kota Jambi, Kamis (10/12) naik cukup signifikan. Harga cabai rawit pun juga alami kenaikan.

tribunjambi/vira ramadhani
Perdagangan cabai di di Pasar Angso Duo Jambi, Senin (7/12) lalu. Sempat turun, kemarin Kamis (10/12) harga cabai meroket di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi ke harga Rp80 ribu per kilogram 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga cabai merah di Kota Jambi, Kamis (10/12) naik cukup signifikan. Harga cabai rawit pun juga alami kenaikan.

Cabai merah merupakan komoditas pokok masyarakat yang selalu dibutuhkan tiap harinya.

Namun, saat ini komoditas pokok ini harganya kini meroket. Harga cabai merah di Pasar Jambi saat ini mencapai Rp80 ribu per kilogram.

Harga cabai merah ini naik sebesar Rp29 ribu - Rp30 ribu per kilogramnya.

Berdasarkan hasil monitoring pantauan Disperindag Provinsi Jambi pada tiga pasar, yaitu Pasar Angso Duo, Pasar Simpang Pulai dan Pasar Talang Banjar harga cabai merah besar mengalami kenaikan dari Rp46 ribu menjadi Rp75 ribu perkilogram atau naik sebesar Rp29 ribu.

Untuk harga cabai merah kriting mengalami kenaikan harga dari Rp48 ribu menjadi Rp 80 ribu perkilogram atau naik sebesar Rp32 ribu.

Dari pantauan tribun, kenaikan harga cabai ini dikeluhkan oleh masyarakat baik pedagang maupun pembeli di Pasar Angso Duo.

“Tidak nanggung-nanggung hari ini harganya Rp80 ribu perkilogram. Mahal sekali, iya biasanya kalau akhir tahun memang harga cabai pasti naik terus,” ujar Emi, seorang pembeli cabai, Kamis (10/12).

“Cabai merah naiknya hari ini sangat tinggi. hari ini harganya naik Rp30 ribuan hitungan perkilonya dari yang kemarin. Kalau harganya mahal seperi ini pasti daya belinya rendah. Jadi saya cari aman saja ga jual cabai merah kalau harganya seperti ini,” ujar Yanti, Pedagang Cabai di Pasar Angso Duo.

Sementara itu, Rosnifa, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, dalam keterangan tertulis mengatakan, kenaikan harga cabai merah karena berkurangnya pasokan dari beberapa daerah.

"Harga cabai merah hari ini naik karena berkurangnya pasokan dari lokal, Medan dan Jawa Tengah. Petani banyak yang tidak memanen cabenya pasca Pilkada,” ujarnya.

Harga cabai rawit juga mengalami kenaikan sebesar Rp6.000 pada tiga pasar tersebut. di Pasar Angso Duo saat ini Rp36 ribu, Pasar Simpang Pulai dan Talang Banjar Rp38 ribu per kilogram.

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved