Breaking News:

Pasien Corona Sembuh Bertambah

Dampak Pandemi, Pelaku Usaha yang Mengajukan Surat Rekomendasi Pariwisata Turun 50 Persen

Ini dikatakan oleh Ferry, Kabid Promosi dan Pemasaran, Disbudpar Kota Jambi. Katanya, dari data tercatat pada 2019 ada 62 usaha yang telah diberikan r

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pelaku usaha yang mengurus surat rekomendasi pariwisata ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Jambi pada 2020 menurun 50 persen.

Ini dikatakan oleh Ferry, Kabid Promosi dan Pemasaran, Disbudpar Kota Jambi. Katanya, dari data tercatat pada 2019 ada 62 usaha yang telah diberikan rekomendasi oleh Disbudpar.

Di antaranya ada 12 usaha perhotelan, 3 usaha cafe, 15 restoran, 1 usaha pengadaan barang dan jasa, 6 rumah makan, 4 jasa perjalanan wisata, 6 pub & bar.

Baca juga: Dua Kapolda Dicopot hingga Anies Diperiksa, Polisi Malah Belum Panggil Habib Rizieq Shihab

Baca juga: Kisah Anggota Kopassus, Membebaskan 347 Sandera di Papua Dalam Waktu 78 Menit

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 19 November 2020, Masalah Cinta, Kelucuan, Uang, Hingga Pekerjaan

2 bioskop, 6 usaha karaoke, 1 usaha wahana permainan, 1 jasa entertainment, 2 panti pijat, 1 diskotik, 1 foodcourt, dan 1 rumah kos.

Kemudian pada 2020 tercatat data terakhir pada Juli, Disbudpar Kota Jambi, telah memberikan 22 surat rekomendasi pariwisata kepada pelaku usaha di Kota Jambi.

Ada pun jenis usaha yang telah mendapatkan rekomendasi yakni, 5 usaha pub & bar, 3 jasa perjalanan wisata, 2 usaha karaoke, 1 usaha wahana permainan, 4 usaha perhotelan, 1 panti pijat, 5 restoran, dan 1 pengadaan barang dan jasa.

"2019 saja di Juli sudah ada 40 usaha yang mengajukan dan telah diberikan surat rekomendasi pariwisata. Menurunnya pengajuan rekomendasi ini memang dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan usaha wisata harus ditutup sementara. Terutama pada awal pandemi," ujarnya Rabu (18/11/2020).

"Untuk pengajuan surat rekomendasi selanjutnya masih dalam proses. Surat rekomendasi ini sendiri berguna untuk mendapatkan izin dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)," ungkap Ferry.

Dirinya juga mengatakan untuk saat ini di masa pandemi Covid-19 dalam hal pengurusan rekomendasi pariwisata harus terlebih dahulu mendapatkan surat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 Kota Jambi.

"Untuk keadaan saat ini memang untuk mendapatkan itu (surat rekomendasi pariwisata) harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari tim gugus tugas Covid-19,".

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved