Breaking News:

Apa Penyebab Diabetes? Kurangi Makanan Ini

Apa penyebab diabetes? Hati-hati menentukan pilihan menu makan. Salah-salah Anda bisa terserang penyakit diabetes.

Step to Health
IUlustrasi mengobati diabetes 

TRIBUNJAMBI.COM - Apa penyebab diabetes? Hati-hati menentukan pilihan menu makan. Salah-salah Anda bisa terserang penyakit diabetes. Memang ada beberapa makanan pemicu penyakit yang dikenal sebagai pembunuh diam-diam atau the silent killer ini.

Penyakit diabetes juga kita kenal sebagai kencing manis. Penyakit diabetes merupakan ancaman bagi kesehatan karena bisa menimbulkan komplikasi sangat berbahaya.

Baca juga: Obat Sakit Batu Ginjal, Cegah Komplikasi Diabetes hingga Asam Urat, Manfaat Air Rebusan Daun Salam

Baca juga: Bahan Alami Kontrol Gula Darah dan Cegah Komplikasi Diabetes - Belimbing Wuluh, Kayu Manis, Ciplukan

Baca juga: Manfaat Petai Bagi Kesehatan - Obat Impotensi, Obat Sakit Diabetes hingga Asam Urat

Baca juga: Obat Sakit Diabetes - Obat Herbal Pakai Daun Belimbing Wuluh, Ciplukan, Kayu Manis dan Daun Kelor

Komplikasi penyakit diabetes yang harus Anda waspadai antara lain, luka sulit sembuh, penurunan daya tahan tubuh, daya ingat melemah, jantung, stroke, kerusakan ginja dan syaraf.

Selain itu juga berbagai jenis kanker, semisal, kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, hingga kanker endometria.

Jadi apa penyebab diabetes? satu di antaranya adalah makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Maka, agar terhindar dari diabetes, satu di antaranya Anda wajib mengurangi makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat ini antata lain, tepung putih, pasta, nasi, roti putuh.

Makanan-makanan tersebut mudah dicerna tubuh. Kemudian, lebih cepat berubah menjadi glukosa. Dengan demikian, dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin. Dengan demikiab, pada saatnya makanan tersebut bisa memicu diabetes.

Baca juga: Nasib Zumi Zola Kini, Penyakit Diabetesnya Memburuk Usai Bercerai dari Sherrin Tharia, Sulit Melihat

Baca juga: Mirisnya Hidup Zumi Zola Kini Usai Ditinggal Istri Tercinta, Diserang Diabetes hingga Sulit Melihat

Baca juga: Mengenali Gejala Awal Diabetes dan Berapa Kadar Gula Darah Normal pada Tubuh?

Baca juga: Pasien Covid-19 di Tanjabbar yang Meninggal Sempat Didiagnosa Punya Penyakit Paru-paru dan Diabetes

Anda pengin sehat? pilih makanan sumber karbohidrat dari jenis serat. Perlu diketahui, tubuh tidak memecah serat dengan cara sama seperti karbohidrat lainnya. Jadi, makanan karbohodrat dari jenis serat tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Contoh sumber karbohidrat dari jenis serat itu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan. Selain itu juga dari biji-bijian utuh, semisal nasi merah, oatmeal, roti gandum. (tribunjambi.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Diwaspadai", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/07/26/060000468/5-makanan-penyebab-diabetes-yang-harus-diwaspadai

Editor: Sulistiono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved