Breaking News:

UU Cipta Kerja Sudah Disahkan, Moeldoko Sebut Ada 35 PP dan 5 Perpres Sedang Disiapkan

UU Cipta Kerja sudah disahkan DPR pada paripurna, Senin (5/10/2020) lalu.pemerintah sedang menyiapkan sejumlah aturan turunan UU Cipta Kerja itu.

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 

TRIBUNJAMBI.COM - UU Cipta Kerja sudah disahkan DPR pada paripurna, Senin (5/10/2020) lalu.

Kini, pemerintah sedang menyiapkan sejumlah aturan turunan UU Cipta Kerja itu.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, pemerintah tengah menyiapkan sejumlah aturan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan.

Ia pun berharap agar penyusunan aturan turunan ini dapat dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk memberikan masukan terkait UU Cipta Kerja.

Baca juga: BREAKING NEWS Pembunuh Pahlawan Aceh dan Pemerkosa Ibu Muda Tewas di Dalam Sel Mapolres Langsa

Baca juga: Sudirman Dilantik Jadi Sekda, Banyak Jabatan Kepala OPD di Pemprov Jambi Kosong

Baca juga: Chord Kunci Gitar Saat Kau Pergi - Vagetoz, Sepenuhnya Ku Menyadari Cinta Tak Mesti Harus Memiliki

“Akan ada 35 peraturan pemerintah dan lima peraturan presiden yang disiapkan sebagai tindak lanjut dari UU Cipta Kerja,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/10/2020), seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Kelompok buruh dan serikat pekerja, imbuh dia, diharapkan dapat menyampaikan aspirasi mereka di dalam proses penyusunan aturan turunan tersebut. Hal itu diperlukan sebagai penyeimbang atas dugaan ketimpangan yang selama ini kerap disuarakan oleh sejumlah pihak terhadap isi UU yang terdiri atas 11 klaster itu.

Begini Aksi Buruh Cantik asal Cianjur di Tengah Ribuan Massa, Berunjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020).
Begini Aksi Buruh Cantik asal Cianjur di Tengah Ribuan Massa, Berunjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). (Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin)

“Kami memberikan kesempatan dan akses pada teman-teman pekerja dan buruh untuk ikut memikirkan bagaimana mereka menanggapi ini nantinya. Bagaimana instrumen ini bisa diandalkan sebagai penyeimbang,” ucapnya.

Moeldoko menambahkan, keberadaan UU Cipta Kerja tak hanya berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan baru seluas-luasnya. Tetapi juga berpotensi memberikan jaminan yang lebih baik kepada tenaga kerja, mulai dari jaminan pendapatan hingga jaminan sosial.

Baca juga: Penghuni Baru di Lapas Klas IIA Jambi, Wajib Isolasi 14 Hari Pasca Puluhan Warga Binaan Kena Corona

Baca juga: FAKTA Pelajar SMK di Lombok Nikahi Dua Wanita, Habiskan Dana Rp 50 Juta, KUA Tidak Tahu

Baca juga: HUT Korpaskhas ke-73, KSAU Minta Korps Baret Jingga Harus Siap Hadapi Serangan Senjata Nuklir

Saat ini, tercatat ada 33 juta orang yang telah menjadi peserta Kartu Prakerja. Tingginya angka tersebut menjadi indikasi bahwa kebutuhan lapangan kerja sangat tinggi.

Ia menuturkan, UU Cipta Kerja juga membuka kesempatan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi untuk berkembang. Sebab, jika tadinya mereka perlu mengurus perizinan usaha yang panjang dan berbelit, nantinya mereka dapat mengurus hal itu cukup lewat satu pintu.

“Sekali saja, jangan buru-buru komplain berlebihan padahal belum memahami penuh, isi dan substansi dari versi terakhir UU Cipta Kerja,” kata Moeldoko, seperti dilansir dari Kontan.co.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Moeldoko : Ada 35 PP dan 5 Perpres UU Cipta Kerja yang Tengah Disiapkan",

Editor: rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved