Breaking News:

Menjelang Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Corona, Kesiapan KPU & Bawaslu Tanjabtim Disorot

Puncak pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada)serentak tahun 2020 tinggal menghitung hari, ini tahapan dan kesiapan

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/zulkifli
KPU Tanjabtim 

Menjelang Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Corona, Kesiapan KPU & Bawaslu Tanjabtim Disorot

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBINJAMBI.COM, MUARA SABAK - Puncak pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 tinggal menghitung hari, ini tahapan dan kesiapan KPU dan Bawaslu.

Di mana Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan PKPU No 5 tahun 2020 tentang jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

Mulai dari jadwal Perencanaan program dan anggaran pada 30 september 2019, hingga jadwal pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

Di mana dalam PKPU 13 tahun 2020 yang tertuang dalam Pasal 88A, setiap Penyelenggara Pemilihan, Pasangan Calon, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, Penghubung Pasangan Calon, Tim Kampanye,

Dan atau pihak lain yang terlibat dalam Pemilihan Serentak Lanjutan wajib melaksanakan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 sampai dengan Pasal 9 paling kurang berupa penggunaan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu.

Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran Bawaslu Tanjab Timur Saparuddin mengatakan, tidak ada perubahan yang signifikan mengenai regulasi yang mengatur tentang Pilkada, hanya saja kondisi bencana non alam yang terjadi di seluruh dunia,

termasuk Indonesia menjadikan pelaksanaan Pilakda lebih mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan PKPU 13 tahun 2020 yang telah dikeluarkan KPU.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved