Breaking News:

Berita Kerinci

15 Kecamatan di Kerinci Belum Bisa Gunakan Kartu Tani

Terkait hal tersebut, banyak petani yang mempertanyakan Kartu Tani yang tidak bisa pergunakan untuk membeli pupuk dengan harga yang bersubsidi.

ISTIMEWA
Ilustrasi Petani 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kartu Tani yang dibagikan kepada petani untuk mempermudah mendapatkan pupuk bersubsidi di Kabupaten Kerinci, hingga kini belum bisa digunakan.

Padahal, Kartu Tani yang merupakan program pemerintah tersebut, telah dibagikan kepada sejumlah kelompok tani beberapa bulan lalu.

Terkait hal tersebut, banyak petani yang mempertanyakan Kartu Tani yang tidak bisa pergunakan untuk membeli pupuk dengan harga yang bersubsidi.

Syeckh Ali Jaber Ungkap Kejanggalan Terhadap Pelaku Penusukan Terhadap Dirinya di Lampung

BNNP Jambi Ringkus Dua Pengguna Sabu, Kabid Berantas: Bandar dan Pengedar Narkoba akan Saya Habisi

Ternyata Mike Tyson Pernah Datangi Dukun Supaya tak Dipenjara, Begini Kisahnya!

"Kartu sudah ada tapi kami belum bisa memakai kartunya, karena belum aktif, kami tidak tahu apa kendalanya," ungkap salah seorang anggota Kelompok Tani Kerinci.

Menurutnya, program pemerintah dengan mengeluarkan Kartu Tani agar mudah mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut cukup bagus, hanya saja belum bisa digunakan.

"Kalau sudah aktif jika kita mau beli pupuk itu bisa harga disubsidi sampai dengan 50 persen. Kami beharap agar cepat diaktifkan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural Kerinci, melalui Kepala Bidang Pertanian, Prantos dikonfirmasi Senin (14/9/2020) membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan untuk 2020 ini masih tahap uji coba, hanya 1 kecamatan yang diaktifkan.

"Ya, untuk tahap pertama tahun ini hanya satu kecamatan yang sudah kita aktifkan, yakni Kecamatan Keliling Danau," jelasnya.

Sedangkan 15 kecamatan lainnya di Kabupaten Kerinci, akan diaktifkan pada tahun 2021 mendatang, karena tahun ini masih tahap sosialisasi.

"Januari 2021 sudah bisa digunakan Kartu Tani tersebut," tambahnya.

Ditanya jumlah kartu Tani yang sudah dibagi kepada petani di Kabupaten Kerinci, Prantos menyebutkan sebanyak 31 ribu Kartu Tani yang sudah dibagikan.

"Kita berharap kartu tani yang sudah dibagikan itu bisa bermanfaat bagi petani di Kerinci," pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved