Breaking News:

VIDEO Polri: Balap Lari Liar Menutup Jalan Tanpa Izin Adalah Pelanggaran Hukum

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo melarang adanya aksi balap lari liar dengan menutup ruas jalan.

TRIBUNJAMBI.COM - Kegiatan balap lari liar mulai marak dilakukan secara masif oleh kalangan muda atau remaja di sekitar DKI Jakarta.

Ternyata, kegiatan itu dinilai berbahaya oleh pihak kepolisian.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo melarang adanya aksi balap lari liar dengan menutup ruas jalan.

Sudah Dihamili Pacar, Janda Muda di Banten Diracun Tikus Sampai Diseret ke Pantai Akhirnya Tewas

Selain Madel, Haris-Sani Lantik Sejumlah Mantan Bupati Jadi Tim Pemenangan, Ini Nama-namanya

Walikota Jambi Syarif Fasha Positif Corona Begini Wajahnya Sekarang, Beda

Dia menuturkan kegiatan tersebut dinilai telah tergolong pelanggaran hukum.Aturan pelarangan tersebut sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

"Ketika lomba lari itu menutup jalan tanpa izin, tentu itu adalah sebuah pelanggaran hukum," kata Sambodo saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan pihaknya akan menindak tegas peserta balap lari liar jika terjadi pelanggaran hukum. Sebaliknya, sanksi hukum yang dijatuhkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kita akan tindak sesuai aturan hukum yang berlaku," pungkasnya.

Diketahui, sejumlah kegiatan aksi balap lari liar mendadak viral di media sosial. Kegiatan yang sekelompok remaja itu biasanya dilakukan pada malam hari.

Dalam video yang beredar di media sosial, para remaja tersebut melakukan lomba lari di ruas jalan di wilayah DKI Jakarta. Video itu juga menunjukkan dua remaja beradu cepat untuk mencapai garis finish yang berjarak sekira 100 meter dari garis start.

Video kegiatan itu tidak jarang mendapatkan respons positif oleh warganet. Namun ada pula yang tak setuju karena mengkhawatirkan keselamatan pengguna jalan ataupun peserta balap lari liar tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=h9RySL1I1lw&feature=youtu.be

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Polri: Balap Lari Liar Menutup Jalan Tanpa Izin Adalah Pelanggaran Hukum, https://www.tribunnews.com/metropolitan/2020/09/13/polri-balap-lari-liar-menutup-jalan-tanpa-izin-adalah-pelanggaran-hukum

Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved