Breaking News:

Sejarah SMA Negeri 1 Kota Jambi, Didirikan oleh Sudarsono Wali Kota Jambi Tahun 1955

Sekolah yang beralamat di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No 15 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, termasuk salah satu sekolah ter

TRIBUNJAMBI/CHAIRUL NISYAH
SMAN 1 Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - SMA Negeri 1 Kota Jambi mempunyai sejarah yang cukup unik.

Sekolah itu ternyata didirikan oleh Sudarsono mantan Wali Kota Jambi pada tahun 1955.

Sekolah yang beralamat di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No 15 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, termasuk salah satu sekolah tertua di Provinsi Jambi.

SMAN 1 Kota Jambi, diketahui memiliki luas tanah lebih kurang 7.459 meter persegi dan untuk luas bangunan lebih kurang 3.877 meter persegi.

Catat! Besok Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja Gelombang 8,Daftar dan Login di www.prakerja.go.id

Penilaian Tanjabbar Sebagai Kabupaten Layak Anak Ditunda Karena Covid-19

Tanggal 2 September Lalu Hasil Swab Wali Kota Jambi Sempat Negatif

Awalnya sekolah ini tidak langsung diberi nama SMA Negeri 1. Melainkan SMA Sembilan Lurah di bawah Yayasan Sembilan Lurah.

Pada 1956, barulah SMA Sembilan Lurah diserahkan kepada Pemda Provinsi Jambi dan berganti nama menjadi SMA Negeri 1 Kota Jambi

Seiring berjalannya waktu SMA Negeri 1 Kota Jambi ini juga memiliki singaktan yang kini kerap di sebut dengan Samansa (SMA Negeri 1).

Dari awal berdiri hingga kini, SMA Negeri 1 Kota Jambi telah berganti kepala sekolah sebanyak delapan belas kali, dengan kepala sekolah pertama yaitu pada tahun 1956-1957 dengan nama Amir Rajab.

SMAN 1 Kota Jambi memiliki akreditasi A, tidak hanya terkenal bagus dibidang akademik tetapi juga dikenal bagus akan prestasi non-akademiknya yang dikenal melalui penorehan prestasi ekstrakurikulernya.

Penulis: Ade Setyawati
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved