Harhubnas 2020, BPTD Wilayah V Jambi Gelar Kontes Burung dan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Ratusan burung berbagai jenis itu ternyata sengaja didatangkan pemiliknya dari berbagai daerah ke Terminal Alam Barajo untuk kegiatan lomba dan kontes

Penulis: Zulkipli | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Zulkifli
BPTD Wilayah V Jambi menggelar Kontes Ayam Pelung pertama kalinya di Provinsi Jambi. 

TRIBINJAMBI.COM, JAMBI - Berbeda dari biasanya ramai dengan aktivitas mobil maupun bus penumpang. Minggu (13/9/2020) Terminal Alam Barajo ramai dengan suara kicauan burung.

Ratusan burung berbagai jenis itu ternyata sengaja didatangkan pemiliknya dari berbagai daerah ke Terminal Alam Barajo untuk kegiatan lomba dan kontes dalam memeriahkan Hari Perhubungan Nasional 2020.

Bukan hanya lomba dan kontes burung, dalam event ini Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Wilayah V Jambi selaku pengelola Terminal Alam Barajo Kota Jambi juga menggelar Kontes Ayam Pelung pertama kalinya di Provinsi Jambi.

Octaviany Tantri Siswi SMK Unggul Sakti, Berprestasi Tingkat Nasional dan Penyuka Ilmu Pasti

Luar Biasa, Kekayaan Tri Rismaharini Naik 1.400 Persen Semenjak Jadi Wali Kota Surabaya

Walikota Jambi Syarif Fasha Positif Corona Begini Wajahnya Sekarang, Beda

Di sela kegiatan lomba dan kontes burung dan Ayam Pelung pihak BPTD juga mesosialisasikan keselamatan berlalu lintas peserta kontes dan penonton yang hadir.

Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Keseruan para peserta pemilik burung terlihat ketika burung-burung andalan mereka naik bertanding.

Mereka saliang menyoraki burung mereka masing-masing suapaya berkicau dengan indahnya.

Kepala BPTD Wilayah V Jambi Bahar, St, Mt mengtakan, ini merupakan rangkaian peringatan hari Perhubungan Nasional tahun 2020.

Kegiatan kontes ini disiasati oleh komunitas Ronggolawe Nusantara dan Komunitas Ayam Pelung Provinsi Jambi.

"Ini bentuk kejasama dan solidaritas yang baik antara masyarakat dan BPTD," kata Bahar.

Lanjutnya Bahar, di sela-sela kegiatan lomba, pihaknya mensosialisasikan keselamatan berlalulintas di jalan raya, serta penindakan kendaraan over dimensi dan over loading (Odol).

"Di mana keselamatan berkendara adalah tanggung jawab kita semua untuk dilaksanakan. Selanjutnya penindakan kendaraan Odol akan diterapkan di Jambi, di mana saat ini banyak kita lihat kendaran Odel yang beroperasi di Jalan raya," jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit Penindakan dan Pengawasan Operasional Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Syaifuddin Ajie Panatagama yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, ini merupakan strategi yang baik yang dilakukan BPTD Jambi dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas.

"Sosialisasi itu tidak melulu harus dalam bentuk formal. Tapi dapat dilaksanakan dengan menyentuh kepada kegiatan-kegiatan masyarakat umum. Jadi kita sendiri telah memprogramkan setiap kegiatan atau perayaan hari perhubungan nasional itu selalu diselipi bagaimana kita menyatu dengan masyarakat. Tahun ini kita menyatu dengan comunitas kicau mania dan ayam pelung di Jambi," ujarnya.

Dilain pihak Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Redoh menegasakan bahwa event ini telah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19 kota Jambi.

Dan dia berharap semua peserta maupun penonton yang hadir dapat mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak ada tawar menawar dengan standar protokol keaehatan yang ada dalam izin tersebut, kami berharap kepada panitia hingga akhir lomba tetap meberapkan protokol kesehatan. Yang kami pastikan seluruh peserta wajib menggunakan masker, menyiapkan hand sanitzer, serta tidak ada kerumunan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved