Breaking News:

Melalui P2DK, 1.647 Hektar Sawah di Sarolangun Digarap untuk Ketahanan Pangan

Tentu sebagai program unggulan kepala daerah, pihak terkait akan mendukung penuh untuk mensukseskan program ketahanan pangan di tengah wabah pandemi v

Tribunjambi/wahyu
1.647 Hektar Sawah di Sarolangun Digarap untuk kKetahanan Pangan 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Bupati Sarolangun, Cek Endra menginstruksikan agar dana percepatan pembangunan desa dan kelurahan (P2DK) agar digunakan untuk peningkatan ketahanan pangan di desa hingga ke tingkat Kabupaten Sarolangun.

Tentu sebagai program unggulan kepala daerah, pihak terkait akan mendukung penuh untuk mensukseskan program ketahanan pangan di tengah wabah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

Dinas TPHP (tanaman pangan holtikultura dan perkebunan) dukung penuh program ini dalam rangka membantu ekonomi masyarakat di tengah wabah pandemi.

Kisah Pasukan Kopassus Selamatkan Sandra Di Pesawat Garuda, Butuh Waktu Hanya 3 Menit

VIDEO Viral Harimau Sumatera Kurus dan Ekor Buntung di Kebun Binatang, Perutnya Terlihat Kempis

Cara Dapat Diskon Indomaret Pakai BRI Poin, Promo Harbolnas Spesial Bank BRI

"Perhatian terhadap masyarakat khususnya petani, pertanian harus tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun. PPL dan Desa bersinergi membangun pertanian di desa," kata Kepala Dinas TPHP Sarolangun, Sakwan, Selasa (8/9/2020).

Dalam program itu juga, pihaknya akan membantu sarana dan prasarana, seperti bibit, obat-obatan dan pupuk serta alat pompa air jika memang ada kesulitan air di saat musim kemarau ini.

"Kita bantu pompa air, asal ada sumber air. Lubuk resam dibantu dua unit transplanter, satu unit handsprayer. Batu Ampar bantu jasa olah tanah, Desa Batu kucing bantu jasa alat tanah, kasang melintang berupa alat tanam jagung," katanya.

Kedepan ia berharapkan agar seluruh kepala desa berkoordinasi baik ke dinas langsung. Ataupun melalui PPL yang mendampingi pelaksanaan di lapangan

Dana sebesar Rp 200 juta per desa dan kelurahan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Sarolangun. Salah satunya produksi padi sawah dan padi ladang.

Katanya, bahwa melalui dana P2DK ini pihaknya mendata ada sebanyak 1.647 hektar padi sawah dan 447 padi ladang digarap oleh desa untuk peningkatan ketahanan pangan.

"Itu tersebar di seluruh kecamatan, dan kemarin sudah launching bersama pak Wabup di Desa Lubuk Resam, Kecamatan CNG," katanya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved