Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Kondisi Terbaru Tanjab Timur, Curah Hujan Tinggi BPBD Merasa Terbantu

Dengan curah hujan yang cukup intens, sedikit banyak juga berpengaruh terhadap kualitas kelembaban pada lahan gambut. Sehingga dapat meminimalisir....

ISTIMEWA
Ilustrasi karhutla di kawasan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur, pada 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - BPBD Kabupaten Tanjabtim memrediksi musim kemarau basah yang terjadi saat ini tidak akan berjalan lama, mengingat curah hujan masih terbilang tinggi.

Kepala BPBD Tanjabtim melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Indra Gunawan, menuturkan kondisi kemarau basah yang terjadi saat ini cukup membantu petugas dalam penanganan dan antisipasi terjadinya karhutla.

Dengan curah hujan yang cukup intens, sedikit banyak juga berpengaruh terhadap kualitas kelembaban pada lahan gambut. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kebakaran.

"Meski terbilang cukup membaik, untuk posko dan status masih belum dicabut hingga tanggal 26 September mendatang. Yang merupakan masa akhir siaga darurat," ujarnya, Selasa (8/9)

"Untuk kedepannya lanjut lagi atau tidaknya tergantung dari surat BMKG terkait prediksi cuaca ke depan, biasanya jika kemarau parah (panjang) terjadi biasanya dalam kurun 4 tahun sekali," tambahnya

Selain kemarau tahun ini lebih ringan dari tahun sebelumnya, juga tidak lepas dari kesigapan dan kerjasama yang solid antar petugas di lapangan. Meskipun terdapat titik hotspot langsung mendapat penanganan.

Sejauh ini, skala nasional dan data dari BMKG Provinsi kemarau yang terjadi saat ini dimana 85 persen daerah masih masuk kemarau sementara 15 persen wilayah lainnya sudah musim penghujan.

"Selama status siaga darurat ini ditetapkan baru tercatat satu kejadian di dendang dan berhasil di antisipasi," pungkasnya. ( tribunjambi.com/Abdullah Usman)

Tokoh Muhammadiyah Abdul Malik Fadjar Wafar, Jokowi Merasa Kehilangan, Ikut Ucapkan Belasungkawa

Bila Suhu 38 Derajat Lebih, Ditembak 2 Kali Lagi, Bila Masih Tinggi Disuruh Pulang

Saat Megawati Penasaran Sumbar Sulit Ditaklutkan PDI-P, Sampai Pengamat Anjurkan Introspeksi Diri

Penulis: Abdullah Usman
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved