Breaking News:

Kebakaran di Tanjabtim

Warga Trauma dengan Musim Kemarau, Pemadaman Kebakaran di Kawasan Pesisir Banyak Terkendala

Bencana kebakaran masih menjadi momok bagi masyarakat Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), terutama yang berada di kawasan pesisir.

TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Kebakaran besar menghanguskan sekitar 10 rumah warga di Tanjab Timur, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Bencana kebakaran masih menjadi momok bagi masyarakat Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), terutama yang berada di kawasan pesisir. Beberapa faktor menjadi kendala petugas Damkar dalam pemadaman.

Akibatnya, dari beberapa kejadian kebakaran yang terjadi di kawasan pesisir tidak sedikit memakan kerugian.

Kondisi wilayah, penduduk dan keadaan bahan bangunan yang berbahan kayu dan papan menjadi faktor utama.

Dikatakan Ali (50) satu dari warga pesisir yang berada di Kecamatan Mendahara, mengatakan, hidup di atas permukaan air (pesisir) dengan berkelompok seperti yang mereka rasakan saat ini cukup berisiko jika terjadi kebakaran.

“Tidak dipungkiri kekhawatiran dan rasa cemas tentu ada melintas di benak kita terutama bahaya kebakaran,dengan kondisi seperti ini,” ujarnya.

Berkaca dari kejadian kebakaran hebat di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara beberapa waktu lalu yang berjarak beberapa kilo dari rumahnya masih terus menghantui.

Pasalnya, selain bermukim dan menetap dirinya bersama keluarga juga menjalankan usaha jual beli minyak.

“ Meski hanya menjual minyak solar namun usaha yang kami jalani ini cukup berisiko, pasalnya selain bahaya jika sudah terjadi kebakaran sangat sulit untuk dapat dipadamkan dengan cepat,” ujarnya.

Terpisah Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Tanjabtim, Hendri melalui Kabid Damkar, M Nasier mengatakan kasus kebakaran rumah dan pemukiman memang menjadi permasalahan tersendiri saat ini.

Ada beberapa indikator dan permasalahan yang dicatat menjadi penyebab kendala dan kurang efektifnya dalam melakukan pemadaman di lapangan.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved