Breaking News:

Arkeolog Temukan Dua Bata Bercap ‘Telapak Kaki Anjing’ di Candi Kedaton Muaro Jambi

Sekian banyak batu bata yang ditemukan, baru ada dua bata yang memiliki bercap 'telapak kaki anjing' pada pemugaran 2020 di Candi Kedaton Muaro Jambi.

Tribunjambi/Musa
Bata bercap telapak kaki anjing temuan pagar pembagi tujuh sisi barat dari candi induk, Candi Kedaton, Jumat (4/9/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI –  Sekian banyak batu bata yang ditemukan, baru ada dua bata yang memiliki bercap 'telapak kaki anjing' pada pemugaran 2020 di Candi Kedaton Muaro Jambi.

Temuan bata bercap, bergambar dan bertanda, tentunya tak mengherankan bagi para peneliti arkeolog yang sudah lama berkecimpung di percandian Muaro Jambi.

Peneliti Senior di Balai Arkeologi Sumatra Selatan, Retno Purwanti (55) mengatakan kepada tribunjambi.com, bahwa bata bertanda itu tidak ada kaitannya dengan ritual keagamaan, melainkan kejadian yang tidak disengaja.

“Saya belum mendapatkan secara jelas soal pemaknaan bata bercap hewan. Tetapi dapat saya perkirakan, ada hewan yang lewat disaat permukaan bata yang masih basah,” ujarnya, Jumat (4/9/2020) pagi, via sambungan telepon.

Awal Temuan Makara Langka di Candi Kedaton Muaro Jambi, Kini Ditangani Konservator

BREAKING NEWS Arkeolog Jambi Temukan Makara Langka saat Pemugaran di Candi Kedaton

Cap kaki ini menunjukkan, dahulu banyak terdapat hewan dan para Biksu dapat hidup berdampingan dengan mereka.

Perempuan yang akrab disapa Retno (55) ini menjelaskan, di gedung penyimpanan di Candi Kedaton, terdapat bata bertanda dan bergambar yang kaitannya dengan religi, bahkan ada simbol mantra.

“Bata itu memiliki goresan cukup menarik, ada mirip mata Buddha dan goresan hewan mitologi Buddha. Untuk kasus bata bercap ini perlunya penelitian lebih lajut dalam pemaknaanya ,” pungkas Retno, yang juga aktif melaksanakan penelitian di Percandian Muarajambi. (TribunJambi/caw)

Penulis: tribunjambi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved