Breaking News:

BPCB Selesaikan Pemugaran Candi Kedaton, Libatkan Puluhan Mahasiswa Arkelogi Universitas Jambi

BPCB tengah melakukan pemugaran Candi Kedaton di Desa Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi pada awal Agustus hingga Desember 2020.

Tribunjambi/Musa
Novia mahasiswi Universitas Jambi, melakukan pengukuran dinding bata. Dia juga sedang menyelesaikan tugas akhir dengan topik pembahasan kompleks Candi Kedaton, Kamis (3/9/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCB) tengah melakukan pemugaran Candi Kedaton di Desa Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi pada awal Agustus hingga Desember 2020.

Ketua Tim Pemugaran Candi Kedaton, Sigit Aryo Nugroho, mengatakan kegiatan ini tahap akhir, sesuai perencanaan 2019 untuk pemugaran Candi Kedaton 2020.

“Kegiatan pemugaran melibatkan warga lokal 69 orang dan mengikutsertakan puluhan mahasiswa Universitas Jambi dari program studi arkeologi,” kata Sigit, Kamis (3/9/2020) via pesan WhastApp.

BREAKING NEWS Arkeolog Jambi Temukan Makara Langka saat Pemugaran di Candi Kedaton

Awal Temuan Makara Langka di Candi Kedaton Muaro Jambi, Kini Ditangani Konservator

Satu di antara mahasiswi yang terlibat, yakni Novia Putri Salirani (21) mengatakan kepada TribunJambi.com, dirinya 2019 lalu pernah magang di Balai Penelitian Arkeologi Sumatra Selatan. Jadi, pemahaman tentang pendataan awal terkait temuan arkeologis bisa ditangani dia.

“Saya dan teman yang lain ditugaskan ketua pemugaran, untuk melakukan perekaman data arkeologi, melakukan penggambaran dinding bata dan konservasi. Tugas ini secara bergantian,” tutur Novia, Kamis (3/9/2020) saat ditemui di lokasi Candi Kedaton.

Novia, yang juga mahasiswi semester akhir ini mengatakan, bahwa dia sedang melaksanakan penulisan tugas akhir terkait kajian bangunan candi.

“Ikut serta dalam pemugaran tidak menghalangi saya untuk menulis skripsi. Kebetulan juga, saya bahas mengenai Candi Kedaton Muarojambi terkait fungsi dan tata ruang, jadi kebutuhan data skripsi bisa saya kerjakan,” tutup Novia. (TribunJambi/caw)

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved