Breaking News:

Pilgub Jambi 2020

Pilgub Jambi, Dr. Pahrudin: Cek Endra dan Al Haris yang Paling Diuntungkan

Berlabuhnya dukungan PAN ke pasangan Al Haris - Abdullah Sani semakin mengerucutkan jumlah pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Jambi.

Warta Kota
Pilkada 2020 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berlabuhnya dukungan PAN ke pasangan Al Haris - Abdullah Sani semakin mengerucutkan jumlah pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Jambi. Sebab hanya tinggal satu partai saja yang belum mengumumkan dukungannya yakni PDIP. 

Saat ini sudah ada dua pasangan calon yang secara dukungan sudah memenuhi syarat buat mendaftar ke KPU, yakni Fachrori Umar-Syafril Nursal dan Al Haris - Abdullah Sani.

Sementara dua pasangan calon lainnya yakni Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Sy Fasha - AJB sama-sama masih belum memenuhi syarat dukungan buat daftar ke KPU Provinsi Jambi. Meski sejak awal, pasangan CE-Ratu mengklaim jika akan mendapatkan dungan PDIP. Dan itu dibuktikan dengan diundangnya Ratu Munawaroh ikut dalam sekolah partai yang digelar partai berlambang banteng tersebut.

Dimasa Pandemi Covid-19, Budidaya Ikan Jadi Penyelamat Ekonomi Warga di Tanjab Timur

VIDEO Lapas Kelas IIA Jambi Over Kapasitas, Penghuni Lapas Kerap Terlibat Perselisihan

Bila ternyata pasangan Sy Fasha-AJB yang gagal maju bertarung, maka suara kota yang paling dominan di Provinsi Jambi akan menjadi rebutan ketiga pasangan calon. Lantas siapa yang paling diuntungkan jika Sy Fasha memang gagal maju bertarung.

Pasangan yang paling diuntungkan adalah Al Haris-Abdullah Sani dan Cek Endra-Ratu Munawaroh.

Pasangan Haris-Sani diuntungkan karena wakil yang dipilih oleh Al Haris adalah mantan wakil Walikota Jambi dan Mantan Calon Walikota Jambi, Abdullah Sani. Dimana dalam kontestasinya pada Pilwako beberapa waktu lalu, cukup besar.

Sementara Cek Endra-Ratu Munawaroh juga diuntungkan secara kepartaian. Golkar memiliki basis yang cukup besar di Kota Jambi. Dan tentu mesin Partai Golkar ini harus bekerja sungguh-sungguh.

Namun jika dilihat lebih luas, dengan tiga pasangan calon ini, peta kekuatan masing-masing juga sudah bisa dilihat.

Pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal karena sama-sama wilayah barat, maka harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan dukungan suara masyarakat wilayah timur. Namun masih bisa diuntungkan jika ada kekuatan besar yang bisa merebut suara dari keluarga besar Polri yang memiliki hak pilih.

Sementara Pasangan Al Haris yang mewakili suara Barat-Timur lebih diuntungkan. Terlebih wakilnya dari Kota Jambi yang notabene pemilik suara terbanyak diantara Kabupaten Kota lain. Dan keterwakilan etnis Jawa dari sosok Abdullah Sani bisa mempengaruhi suara masyarakat Jawa yang jumlahnya di atas 20 persen populasi di Jambi.

Untuk Cek Endra-Ratu Munawaroh juga harus berjuang menggunakan mesin partai. Terutama beberapa kepala daerah yang dari Golkar. Sebab, wakil yang dipilih Cek Endra, atau Ratu Munawaroh sendiri tidak memiliki basis ril di Jambi. Namun masih sangat berpeluang mendapatkan dukungan dari pemilih ibu-ibu atau kaum perempuan.(Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved