Peringatan Dini BMKG Jumat (14/8) - Wilayah Ini Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat/petir

Dalam pantauannya, BMKG menyebutkan wilayah-wilayah tersebut terjadi di Samudera Pasifik timur Filipina, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan

Editor: Suci Rahayu PK
Pexel
Ilustrasi hujan 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca untuk Jumat, 14 Agustus 2020.

Melalui peringatan dini cuaca ini, BMKG menyatakan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

Dalam narasi yang dirilis BMKG melalui laman bmkg.go.id menyatakan, sirkulasi siklonik menuju daerah tekanan rendah (1008 hPa) dan pada lapisan 925-850 hPa, terpantau di berbagai wilayah.

Dalam pantauannya, BMKG menyebutkan wilayah-wilayah tersebut terjadi di Samudera Pasifik timur Filipina, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) ini memanjang di Kalimantan Timur bagian barat hingga Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua bagian Tengah hingga Papua Barat.

Kronologi Muntaz Rais Anak Amien Rais Tak Terima saat Ditegur Karena Pakai HP di Pesawat

BREAKING NEWS Rumah Panggung di Londrang Ludes Terbakar, Siswi SD Ikut Terbakar dan Meninggal Dunia

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Simak wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Jumat, 14 Agustus 2020:

lustrasi hujan petir
lustrasi hujan petir (The West Australian)

• Aceh

• Sumatera Barat

• Bengkulu

• Jambi

• Sumatera Selatan

• Kep. Bangka Belitung

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved