Breaking News:

Aktivitas di Pelabuhan Talang Duku Jambi Lesu, Dampak Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda sangat berdampak pada kegiatan ekspor impor di Pelabuhan Talang Duku Jambi.

Tribunjambi/Zulkifli
Aktivitas di Pelabuhan Talang Duku Jambi sepi akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pandemi Covid-19 yang melanda sangat berdampak pada kegiatan ekspor impor di Pelabuhan Talang Duku Jambi.

Di mana kegiatan di pelabuhan Talang Duku mengalami penurunan yang cukup signifikan bila dibanding tahun lalu. Bahkan General Manager PT Pelindo II Jambi Sanda Tris Hardjanto mengungkapkan, penurunan hingga triwulan ke dua ini mencapai 2,9 persen dibanding triwulan tahun sebelumnya.

"Selama Pandemi Covid-19 ini, kegiatan kapal (kapal bersandar dan beraktivitas di pelabuhan) menurun 2.9 persen dibanding tahun lalu, dimana pada semester 1 tahun 2019 lalu, ada 612 kapal (bersandar) di sini, menurun 2,9 persen di semester tahun ini menjadi hanya 598 kapal," kata Sandha, saat mengikuti pelepasan perdana ekspor kopi di Pelabuhan Talang Duku belum lama ini.

Lampu Gentala Arasy Mati, Dinas PUPR Jambi Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar

Mirip Mobil Sultan, Ini Deretan Mobil High MPV di Bawah Rp 200 Juta

Lanjut Sanda, selain kegiatan kapal, kegiatan angkutan petikemas pun turut mengalami penurunan. Dampak pandemi ini sangat signifikan, pada semester 1 tahun 2020 dibandingkan semester 1 tahun lalu.

"Kegiatan petikemas dampaknya sangat signifikan, dimana pada Semester 1 tahun 2020 15.339 boks, sedangkan pada semester 1 tahun 2019 lalu ada 16.876 boks saja. Turun 29 persen terutama di komoditi kegiatan ekspor impor," kata dia.

Dikatakannya, hal serupa juga terjadi pada komoditi karet yang menjadi komoditas dominan di Jambi. Komoditi karet turun tajam sekitar 20 persen.

"Karet yang menjadi komoditi dominan turun tajam sekitar 20 persen, untuk kegiatan moulding atau plywood 1 persen, coconut 18 persen. Dikalkulasikan rerata turun 18-32 persen penurunan yang terjadi," terang dia.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved