Breaking News:

Persiapan Antisipasi Karhutla Jambi

Begini Kesiapan Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan di Provinsi Jambi Hadapi Karhutla

Hampir semua perusahaan perkebunan di Provinsi Jambi telah mempersiapkan perlengkapan maupun personel mereka untuk menghadapi Karhutla tahun ini.

Tribunjambi/Hasbi
Kapolres Muarojambi AKBP Aradiyanto bersama Kapolsek Kumpeh Ulu dan Kumpeh Ilir lakukan peninjauan sumur bor untuk penanganan karhutla. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal mengatakan hampir semua perusahaan perkebunan di Provinsi Jambi telah mempersiapkan perlengkapan maupun personel mereka untuk menghadapi Karhutla tahun ini.

Bahkan menurut Agus pihaknya sudah beberapa kali bersurat ke perusahaan untuk menyiapkan peralatan dan personel hadapi Karhutla.

"Bersama dengan Polda juga dilakukan sidak, terutama di daerah-daerah yang sangat rawan, yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Tanjab barat dan Tanjab Timur," kata Agus.

Untuk di Provinsi Jambi perusahaan perkebunan berjumlah 186 perusahaan. Namun perizinan yang dibawah Provinsi Jambi sebanyak 15 perusahaan.

Disinggung Soal Dukungan PDIP di Pilgub Jambi, Begini Kata Cek Endra

Kasus Baju Linmas, Kejari Merangin Tetapkan Oknum Pejabat, ASN dan Polisi Sebagai Tersangka

Untuk perhitungan penyediaan peralatan pemadam maupun personel disesuaikan berdasarkan luas lahan. "Jika dibawah 500 hektare, Itu satu regu sebanyak 15 orang pemadam dengan petalatan 1 Pompa besar 1. Jadi memang ada sebagian yang merasa tidak rawan kesiapan mereka hanya 80 persen," sebutnya.

Lanjut Dia, kesiapan perusahaan ini menjadi bagian dari penilaian kebun. Penilaian kebun dinilai setiap 3 tahun sekali. Jika nilai kebunya E maka bisa dilakukan pencabutan Izin jika perkebunan baru. Begitupun untuk perkebunan yang sudah jadi ada penilaian 1 sampai lima.

"Ada 3 kali peringatan, jika ke 4 dan 5 tidak juga dipenuhi maka perizinan bisa dicabut," pungkas Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ahmad Bestari, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu Jadwal dari tim Satgas Karhutla untuk turun ke lapangan melakukan verifikasi kesiapan perusahaan kehutanan hadapi Karhutla.

"Dalam waktu dekat ini, mulai Agustus tim akan ke lapangan semua," sebutnya.

Untuk jumlah perusahaan perhutanan di Provinsi Jambi sendiri sebanyak 20 perusahaan. Dan ada 3 perusahaan di lahan gambut. "Tiga itu PT WKS, PT Pesona, PT PDIW," sebutnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved