Breaking News:

HUT RI ke-75 di Kerinci, Hanya Ada 3 Petugas Pengibaran Bendera, Danpak Pandemi Covid-19

Pengibaran bendera merah putih pada Upacara Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia di Kabupaten Kerinci pada 17 Agustus 2020 erjadi perubahan.

istimewa
ilustrasi upacara HUT RI. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pola pengibaran bendera merah putih pada Upacara Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia di Kabupaten Kerinci pada 17 Agustus 2020 mendatang terjadi perubahan. Pengibaran sangsaka merah putih akan digelar secara terbatas dan tanpa ada barisan rapi dan formasi lengkap dari anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Jumlah Paskibraka yang bertugas dikurangi menjadi hanya tiga orang. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan upacara dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal ini diungkapkan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kerinci, Zainal Efendi, Jumat (24/07/2020). Diketahui Dispora telah melakukan rekrutmen terhadap 30 anggota Paskibraka yang telah dipersiapkan untuk mengikuti pusat pelatihan.

Pasien Covid-19 di Jambi Bertambah Lagi, Hari Ini Total 138 Kasus Positif Virus Corona

VIDEO Menikmati Sup Buntut di Chop Buntut Cak Yo

Akan tetapi berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, maka terjadi perubahan pola pelaksanaan upacara.

“Karena dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini untuk pelaksanaan HUT RI ke-75 tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana, untuk mengurangi potensi terjadinya penyebaran Covid-19,” ungkap Zainal Efendi.

Selain itu, sesuai dengan pola yang ditetapkan tersebut, maka dari 30 orang yang seharusnya menjadi petugas Paskibraka. Maka pada tahun ini hanya 3 orang yang akan menjadi petugas pengibar bendera.

“Meskipun Paskibraka yang akan bertugas dipastikan hanya tiga orang, namun untuk upacara pengibaran bendera Dispora tetap mempersiapkannya dengan menggunakan petugas pengibar bendera pada peringatan HUT RI tahun 2019 lalu,” paparnya.

Zainal Efendi menyebutkan, untuk pelaksanaan pada tahun ini juga terjadi perubahan. Dimana sebelumnya detik-detik proklamasi dilaksanakan serentak pada pukul 10.00 Wib di seluruh Indonesia. Maka untuk tahun ini upacara di daerah akan dilaksanakan pada pukul 07.00 Wib.

"Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti detik-detik proklamasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah pusat secara virtual, dan di ikuti oleh masing-masing kepala daerah,” tutup Kadispora.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved