Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Terbilang Ribet, Warga Berharap Cetak Plat Kendaraan Dapat Dilakukan Di UPTD Samsat Tanjabtim

Pasalnya, pencetakan harus memakan waktu dan biaya tambahan untuk mengurus ganti plat kendaraan.

Tribunjambi/Abdullah Usman
UPTD Samsat Tanjabtim. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Masyarakat berharap Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Samsat Tanjabtim dapat melakukan cetak plat kendaraan sendiri.

Pasalnya, pencetakan harus memakan waktu dan biaya tambahan untuk mengurus ganti atau cetak plat kendaraan.

Seperti dikatakan Yunita (34), bagi dirinya yang merupakan istri seorang nelayan dan sekaligus ibu rumah tangga, cukup kesulitan jika harus mengurus pajak kendaraan ke Jambi. Ditambah dengan penghasilan yang pas pasan menjadi pertimbangan tersendiri.

Janda Muda di Bangkalan Diperkosa Tujuh Pria, Usai Diintimidasi Pelaku Korban Langsung Bunuh Diri

Tanggapi Soal KK Tersebar, Dukcapil Tanjabbar Turun ke Pasar Tungkal, Yanti: akan Dilapor ke Polisi

Ini Profil Bupati Jember Faida, Dimakzulkan DPRD Karena Kebijakan - Dokter yang Terjun ke Politik

"Enaknyo di samsat sini bae cetak platnyo,jadi kito dak harus kejambi lagi. Ribet, banyak nambah biaya pulo lagi," ujarnya, Kamis (23/7/2020).

"Untuk bayar pajakni bae kito nyisihin dedikit demi sedikit dari kebutuhan sehari hari, apolagi harus ke jambi nambah biaya lagi," tambahnya.

Sementara itu Kepala UPTD PPD Samsat Tanjabtim, Asnawi kepada tribunjambi.com menuturkan, terkait cetak plat tersebut pihaknya memang sudah sering mendengar keluhan warga.

"Kita berharap kedepan pihak Provinsi Jambi bisa mengabulkan UPTD kita ini untuk dapat melakukan cetak plat kendaraan sendiri, sehingga masyarakat dapat terbantu dan meningkatkan animo masyarakat untuk tertib pajak," ujarnya.

"Minimal untuk cetak plat kendaraan roda Dua saja lah, yang cukup mendominasi di Kabupaten Tanjabtim," Tambahnya.

Dijelaskannya pula, sejauh ini pihaknya sudah pernah mengajukan permohonan ke Bakeuda Provinsi untuk cetak plat sendiri. Harapannya untuk selanjutnya mereka tindak lanjuti ke Dirlantas Polda Jambi.

Menurutnya, saat ini UPTD PPD samsat sendiri sudah memiliki fasilitas dan alat sendiri untuk proses pencetakan plat motor. Memang hingga saat ini belum bisa dioperasikan mengingat belum adanya izin atau rekom dari Pemerintah Provinsi.

Lanjutnya, sejauh ini masyarakat dalam melakukan cetak plat ada yang mengurus sendiri secara langsung ke Samsat Provinsi Jambi. Sementara dari kita sendiri hanya memberikan rekomendasi saja untuk ditindak lanjuti di Samsat Provinsi Jambi

"Kita hanya bisa memberi rekom, dan hanya bayar pajak saja. Untuk plat mereka harus ke Jambi lagi," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved