Breaking News:

Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi Dituntut 2,6 Tahun Penjara, Ini Kasus yang Menjeratnya

Fathuri Rahman, Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi dituntut bersalah oleh jaksa penuntut Kejari Muaro Jambi pada persidangan Kamis (16/7/2020).

Thinkstock
ilustrasi uang dalam amplop. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Fathuri Rahman, Anggota DPRD Muaro Jambi dituntut bersalah oleh jaksa penuntut Kejari Muaro Jambi pada persidangan yang berlangsung Kamis (16/7/2020).

Ia disebut bersalah pada kasus korupsi bantuan perkuatan modal/dana kepada koperasi untuk pengembangan usaha produksi di bidang budidaya karet oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun Anggaran 2007.

Pada tuntutan yang dibacakan jaksa Rudi Firmansyah, menuntut agar majelis hakim menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa yakni dengan pidana 2 tahun dan 6 bulan (2,5 tahun). Serta uang denda senilai 50 juta rupiah subsidair tiga bulan kurungan.

Kejaksaan Kawal Penggunaan dan Penyaluran Dana Penanangan Covid-19

16 Petugas Penyelengara Pemilu Reaktif Rapid Test, Al Haris: Saya Belum Dapat Laporan

Jaksa berpendapat bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi pada bantuan sosial penyaluran bibit karet.

Sebagai mana diatur dan diancam Pasal 3 Jo pasal 18 UU RI No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo UU RI No 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

"Menuntut agar terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp 228 juta lebih, subsider 2 tahun penjara," kata Rudi Firmansyah, dihadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi.

Atas tuntutan itu, Nelson Fredy selaku penasehat hukum terdakwa akan menyiapkan pembelaan. Ada sejumlah fakta-fakta meringankan yang akan ia dan timnya sampaikan pada persidangan selanjutnya.

“Nanti pada sidang pembelaan, semua akan kita bahas,” katanya singkat. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved