Breaking News:

Jelang Idul Adha, Disnak Kerinci Cek Kesehatan Hewan Kurban di Masa Pandemi

Menyongsong Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kerinci akan memastikan dan melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Petugas Disbunak tengah melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak, dimana penyakit jembrana masih menjadi masalah bagi ternak sapi bali. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah diperkirakan jatuh pada 31 Juli 2020. Menyongsong Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kerinci akan memastikan dan melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kerinci melalui Kepala Bidang Peternakan, drh. Wira Jaya mengatakan, bahwa pengecekan kesehatan hewan kurban dimasa pandemi covid-19 akan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dimana petugas pemeriksa, peternak dan panitia penyelenggara hewan kurban harus mengatur jarak.

“Disamping itu kita akan melakukan pembersihan ditempat-tempat penampungan hewan kurban serta melakukan deteksi awal terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dimulai pada H-7 jelang Hari Raya Idul Adha,” ungkap Wira.

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Temukan Penyakit Jembrana Serang Ternak di Tanjab Timur

Sekolah di Masa New Normal, Al Haris: Anak Harus Dapat Izin dari Orangtua

Selain itu, Petugas juga akan memberikan label bagi hewan yang dinyatakan sehat dan tidak menunjukan gejala sakit secara klinis. Sehingga hewan tersebut layak untuk dipotong dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Wira Jaya menyebutkan, rata-rata setiap tahun Kabupaten Kerinci membutuhkan hewan kurban Sapi sebanyak 1.392 ekor, Kambing 450 ekor dan Kerbau sebanyak 16 ekor. Jika ditotalkan kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Kerinci sebanyak 1.856 ekor.

“Untuk tahun ini terkait dengan adanya wabah Covid-19 yang berdampak terhadap terjadinya penurunan daya beli masyarakat, diperkirakan jumlah hewan kurban yang dibutuhkan akan menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Insya Allah ketersediaan hewan kurban yang berada pada peternak maupun yang di datangkan dari daerah luar mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Kerinci,” tambahnya.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved