Peringati Harganas, Wakil Wali Kota Jambi Tekankan Fungsi Keluarga

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana pimpin kegiatan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVII tahun 2020.

Tribunjambi/Miftahul Jannah
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana pimpin kegiatan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVII tahun 2020. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Wakil Wali Kota Jambi, Maulana pimpin kegiatan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVII tahun 2020.

Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Kota Jambi, Senin, (29/6).

Di tengah pandemi covid-19, upacara puncak Hari Keluarga Nasional ke-27 tingkat Kota Jambi dengan tema "Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Baru", dengan semangat baru.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengatakan, tujuan upacara HARGANAS ini untuk menunjang BKKBN di Kota Jambi, yang biasa disebut Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) tidak melakukan doktrinasi atau pemaksaan terhadap seseorang, tetapi sebagai teman sebaya untuk konseling serta menekankan peningkatan peran dan fungsi keluarga.

Pemkab Muarojambi Raih 4 Kali WTP Berturut-turut, Bupati Masnah Busro Janji Akan Mempertahankan

VIDEO Jokowi Marah Saat Sidang Kabinet, Ancam Reshuffle Menteri

Fungsi keluarga yang ia sebut yakni fungsi sebagai Ayah, Ibu atau Anak, karena itu merupakan poin penting yang harus dilakukan, sehingga mewujudkan keluarga yang berbahagia, paripurna hingga menurunkan angka kematian Ibu saat melahirkan, menurunkan kematian bayi serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan jangka panjang sebagai penerus generasi bangsa.

Dirinya juga mengatakan kepada para petugas baik Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) di lapangan maupun petugas yang berada di kantor yang mengelola secara manajerial.

"Kita harus meningkatkan semangat bahwa masyarakat sebagai rekan sebaya kita, yang diberikan pemahaman untuk membuat perencanaan dalam keluarganya," sebutnya.

"Tidak hanya pengaturan, penurunan jumlah anak saja, tetapi juga mengatur jumlah dan kualitas menjadi baik dan tidak ada doktrinasi. Karena di era baru ini semua dianggap teman konseling menjadi prioritas utama," pungkasnya. (Miftahul Jannah)

Penulis: Miftahul Jannah
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved