Bikim SIM Gratis untuk yang Lahir 1 Juli

Menyambut HUT Bhayangkara ke 74, Ditlantas Polda Jambi menggratiskan perpanjangan serta

Tribun Jambi/Aryo Tondang
Ujian praktik saat pembuatan SIM di Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Menyambut HUT Bhayangkara ke 74, Ditlantas Polda Jambi menggratiskan perpanjangan serta pembuatan surat izin mengemudi (SIM) baru. Namun program ini khusus untuk warga yang lahir pada 1 Juli.

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Heru Sutopo mengatakan, untuk masyarakat yang merasa lahir pada tanggal 1 Juli, saat ini sudah bisa langsung mendaftarkan diri ke Polresta Jambi dan Ditlantas Polda Jambi.

"Mulai hari ini (kemarin) silahkan mendaftar, tentunya harus yang lahir di 1 Juli, dengan membawa KTP dan SIM lama bagi yang akan melakukan perpanjangan," kata Heru, Selasa (23/6) siang.

Meski gratis, kata Heru, proses pelaksanaannya tetap mengikuti prosedur, mulai dari batas usia yang diperbolehkan, hingga dengan mengikuti ujian teori dan ujian praktek.

Jika sudah memenuhi persyaratan administrasi serta telah mengikuti ujian teori dan ujian praktik, maka masyarakat yang secara sah dinyatakan lulus, untuk datang ke Mapolda Jambi pada 1 Juli, untuk melakukan foto dan pencetakan SIM.

"Jadi tepat di tanggal 1 Juli nanti, yang sudah lulus hanya berfoto dan langsung mengambil SIM di Polda," terang Heru.

Heru mengatakan, untuk menjalankan program tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), sehingga biaya pembuatan dan perpanjangan SIM tersebut sepenuhnya ditanggung oleh pihak BRI.

"Jadi, untuk masyarakat kita gratiskan, tetapi PNBP wajib kita bayar ke negara, itulah yang ditanggung oleh BRI," tutup Heru. (car)

Editor: awang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved