Breaking News:

Buruan, Khusus Anda Yang Lahir 1 Juli, Buat SIM Tidak Dikenakan Biaya Alias Gratis

Korlantas Polri memberikan pelayanan khusus kepada pengemudi dan calon pengemudi dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74

Editor: Rahimin
Tribun Jambi/Samsul Bahri
DOKUMEN: Tim Korlantas Mabes Polri melakukan monitoring ke Polres Muarojambi, Kamis (26/7). 

TRIBUNJAMBI.COM - Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri memberikan pelayanan khusus kepada pengemudi dan calon pengemudi dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1/2020 tertanggal 12 Juni 2020.

Surat yang ditandatangani Kakorlantas Irjen Istiono atas nama Kapolri tersebut telah dikonfirmasi oleh Direktur Registasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen (Pol) Yusuf.

Sebar Hoax Terkait Kasus Covid-19, Polisi Tetapkan 104 Tersangka Dan Tahan 17 Orang

Siswa SMP Tewas Dililit Ular Piton Sepanjang 7 Meter, Warga Datang Dan Bunuh Ular Pakai Parang

Wow, Ini Besaran Tunjangan Jabatan Jaksa, Yang Tertinggi Bisa Rp 38 Juta dan Terendah Rp 3,5 Juta

"Agar masing-masing Satpas melaksanakan pelayanan SIM khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 kepada masyarakat sejak tanggal 14 Juni sampai dengan 3 Juli 2020,” seperti dikutip dari surat tersebut.

Para pemohon SIM baru maupun perpanjangan SIM dibebaskan dari biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Namun, layanan itu hanya berlaku bagi pengemudi maupun calon pengemudi yang lahir tepat 1 Juli, sesuai peringatan Hari Bhayangkara. Kakorlantas mengimbau agar pelayanan khusus tidak disebut sebagai SIM gratis, sebab kewajiban membayar PNBP tetap ada.

Hanya saja, sesuai ketentuan dalam surat telegram, biaya PNBP dapat melalui sponsor dari pihak ketiga.

Ilustrasi SIM kendaraan
Ilustrasi SIM kendaraan (ist)

"Dapat memberdayakan pihak ketiga sebagai sponsorship dalam pembiayaan PNBP SIM tersebut di atas dengan tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” seperti tertuang dalam surat telegram.

Kakorlantas juga mengingatkan agar proses pelayanan SIM dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku. Dengan dibebaskannya biaya PNBP, masyarakat hanya perlu membayar untuk syarat lain terkait layanan SIM, misalnya tes kesehatan.

Diberitakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM. Untuk pembuatan SIM A biaya PNBP Rp 120.000, untuk SIM C Rp 100.000, sedangkan untuk biaya SIM D Rp 50.000.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korlantas Polri Bebaskan Biaya PNBP SIM bagi Mereka yang Lahir 1 Juli

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved