CJH Jambi Batal Berangkat

Tiga Calon Jemaah Haji di Sarolangun Ingin Uang Pelunasan Dikembalikan

Ia juga menyarankan kepada jamaah agar tetap tenang menyikapi pembatalan keberangkatan haji tahun ini.

Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Kepala kantor kementrian agama Sarolangun, Syatar. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Belum ada lonjakan kenaikan angka Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Sarolangun yang mengajukan pembatalan pelunasan biaya haji.

Hingga saat ini baru tiga jemaah asal Kabupaten Sarolangun yang ingin uang pelunasan itu dikembalikan.

Kata Kakan Kementrian Agama Sarolangun, Syatar mengatakan terkait hal ini, ungkapnya, hingga saat ini sudah ada tiga calon jamaah haji yang mengajukan pembatalan pelunasan.

DPO Kasus Kepemilikan Sabu Diringkus Polsek Limbur Lubuk Mengkuang Dikediamannya

Bacaan Surat Yasin 83 Ayat, Dilengkapi Dengan Tahlil dan Keutamaan Mengamalkannya

"Dari 238 orang yang sudah melunasi, ada 3 orang yang baru mengajukan pengembalian duit pelunasan sebanyak Rp 8 jutaan," ujarnya, Kamis (11/6/2020).

Lanjut Syatar, bahwa adapun jumlah pengembalian biaya pelunasan. Jika dilihat dari setoran awal sebesar Rp 25 juta, sedangkan total biaya haji sebesar Rp 33 juta lebih. Untuk pelunasan biaya haji ini dengan nominal Rp 8 jutaan.

Namun, jika calon jamaah haji itu ingin mengambil semua uang yang berjumlah 33 juta, maka calon jamaah haji tersebut mengundurkan diri atau membatalkan keberangakatannya.

Ia juga menyarankan kepada jamaah agar tetap tenang menyikapi pembatalan keberangkatan haji tahun ini.

Dan uang pelunasan serta biaya haji lainnya dijamin oleh Kementrian Agama RI masih aman hingga keberangkatan tahun berikutnya.

"Mereka minta balikin 8 juta itu, mereka tidak batal dia tetap jadi calon jamaha haji, sebenaranya tidak diambil juga tidak masalah. Saran kami sebaiknya tidak usah di cabut, duet tu dak do ilang dak," katanya.

Jika kepada semua JCH yang nantinya ingin mengambil lagi dana pelunasan, mekanismenya dengan mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Kementrian Agama Sarolangun.

Sesuai teknisnya, prosedur dan tatacara sudah disosialisasikan ke grup jemaah masing-masing dan uang pelunasan nantinya akan kembali ke rekening jamaah.

"Sesuai dengan teknisnya nanti dikembalikan ke rekening masin-masing," jelasnya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved