New Normal dan Persiapan Jambi

Satu Pedagang Pasar Atas Sarolangun Reaktif Covid-19 Saat Rapid Test

Rapid test dilakukan kepada pedagang Pasar Atas secara acak pada 30 pedagang yang ada pada Kamis (28/5/2020).

ist
Tim Gugus Tugas Covid-19 didampingi Dinkes Sarolangun terlihat dengan APD lengkap saat pemeriksaan pedagang Pasar Atas Sarolangun. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Satu orang pedagang di Pasar Atas Sarolangun reaktif Covid-19 saat dilakukan rapid test atau tes cepat.

Rapid test dilakukan kepada pedagang Pasar Atas secara acak pada 30 pedagang yang ada pada Kamis (28/5/2020).

Tim Gugus Tugas Covid-19 didampingi pihak Dinas Kesehatan Sarolangun terlihat dengan menggunakan Alat Pelingdung Diri (APD) lengkap saat pemeriksaan.

Dandim 0419/Tanjab Dukung Pola New Normal oleh Pemerintah Pusat

Terjawab Sudah, Terungkap Alasan Syahrini Sebenarnya Mengapa Tinggalkan Anang Hermansyah

Dibintangi Adinia Wirasti, Berikut Sinopsis Film Susah Sinyal Tayang Kamis Pukul 19.30 WIB di SCTV

Rapid test yang dilakukan guna mengetahui secara dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pasar. Terlebih lagi, pasar adalah tempat keramaian sehingga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara acak pada para pedagang pasar.

”Rapid test para pedagang pasar atas sesuai instruksi Bupati,untuk memastikan para pedagang benar benar sehar dari paparan Covid-19,” Ujar Harta, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sarolangun.

Harta juga menjelaskan, ada 30 pedagang yang di ambil secara acak, yang mana hasilnya 1 orang pedagang dinyatakan reaktif Covid-19 atau bisa di bilang positif Covid-19.

”Ada 30 orang yang kita periksa Rapid Tes, Hasilnya 29 orang di nyatakan non reaktif atau negatif dan satu orang pedagang di ngatakan reaktif atau positif Covid-19.” tambah Harta.

Untuk memastikan positif atau tidak, sampel pedagang yang reaktif tersebut akan dilakukan uji swab terlebih dahulu.

"Kita akan uji swab dulu," ujarnya.

Tambahnya, jika alat rapid tes saat ini pihaknya mengaku masih ada dibawah 1000 dan tidak menutup kemungkinan, pasar lain di Kabupaten Sarolangun akan dilakukan rapid tes pada para pedagang. Seperti di Pasar Singkut dan Pasar Mandiangin.

"Pasar singkut menunggu petunjuk pak bupati dan besok (Jumat,red) rapid tes akan dilakukan di pasar mandiangin," katanya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved