Berita Jambi

Pemprov Jambi Keluarkan Surat Edaran Tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19

Hari Raya idul Fitri 1441 H yang akan tiba beberapa hari lagi, pelaksanaan shalat idul fitri pun banyak dipertanyakan dengan adanya pandemi Covid-19

Tribunjambi.com/Zulkifli
08052020_Johansyah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hari Raya idul Fitri 1441 H yang akan tiba beberapa hari lagi, pelaksanaan shalat idul fitri pun banyak dipertanyakan dengan adanya pandemi Covid19 saat ini.

Menyikapi itu, Gubernur Jambi, Kepala Kakanwil Kemenag dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (Provinsi Jambi) menerbitkan Surat Edaran (SE) bersama pada 18 Mei 2020 kemarin, tentang pelaksanaan takbir dan shalat idul fitri 1441 H ini.

Pada surat yang dikeluarkan dengan tiga instansi masing-masing, dan surat ini ditujukan kepada para bupati walikota se Provinsi Jambi.

Menkopolhukam Mahfud MD Tegaskan Sesuai Permenkes Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Dilarang

Di Tengah Pandemi Corona, Pasar & Mal di Jambi Malah Ramai Jelang Lebaran, Ini Kata Jubir Covid-19

Baru 2 Kabupaten Ini yang Siap Didistribusikan Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 Dari Pemprov Jambi

Ditreskrimsus Polda Jambi, Sidak Harga Daging di Pasar Angso Duo Jelang Lebaran dan Isu Daging Babi

Juru bicara Pemprov Jambi Johansyah menjelaska dalam SE tersebut meminta kepada Bupati/Walikota untuk menghimbau kepada semua masyarakat muslim dalam beberapa hal.

"Pertama takbir dan Shalat Idul Fitri 1441 HI2020 M bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan angka penularan wabah Covid-19 cenderung meningkat sebaiknya dilaksanakan secara berjama'ah bersama anggota keluarga inti maupun sendirian di rumah masing-masing," sampai Johansyah, Selasa (19/5/2020).

Kedua, tidak melaksanakan kegiatan halal bi halal atau open house.

"Silaturahmi yang lazim dilaksanakan ketika hari raya IduI Fitri bisa dilakukan melalui media sosial dan video calllconference," katanya.

Dijelaskan Johansyah surat ini berdasar dari SE Menteri Agama RI SE 6 tahun 2020, Fatwa MUI dan rapat bersama dengan Pemprov, Kemenag, dan MUI.

Surat ini ditandatangani oleh tiga pemimpin yakni Gubernur Jambi H.Fachrori Umar, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhammad, dan Ketua MUI Provinsi Jambi, Hadri Hasan.

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved