unik

Kotoran Penguin Bisa Bikin Ketawa, Gara-Gara Peneliti Dekat Kotorannya, Ternyata Begini Faktanya

Hal tak terduga terjadi pada sekelompok peneliti yang melakukan studi pada penguin raja dan pencairan gletser di Antartika. Tertawa sampai pusing.

Grid.ID
Pulau Georgia Selatan. Sebanyak sejuta penguin raja, masing-masing berdiri setinggi tiga kaki. 

TRIBUNJAMBI.COM -  Ada-ada saja keajaiban dari penguin dan kotorannya. Sekelompok peneliti ini benar-benar merasakannya.

Hal tak terduga terjadi pada sekelompok peneliti yang melakukan studi pada penguin raja dan pencairan gletser di Antartika.

Saat sedang bekerja di antara kotoran penguin tersebut, seorang peneliti tiba-tiba tertawa cekikikan kemudian mengalami pusing dan mulai merasa sakit kepala.

Ternyata apa yang dialami peneliti tersebut merupakan efek dari dinitrogen oksida (nitrous oxide) alias gas tawa yang dihasilkan kotoran penguin, salah satunya penguin Guano.

Para peneliti tengah mempelajari koloni penguin raja di pulau Atlantik Georgia Selatan antara Amerika Selatan dan Antartika, beberapa lama melakukan penelitian mereka tampak tertawa-tawa di sekitar kotoran penguin.

Tipu 3.700 Orang, Polda Jambi Kebut Berkas Perkara Investasi Bodong Susu Sapi Perah CV NA Sejahtera

"Kotoran penguin menghasilkan dinitrogen oksida tingkat tinggi di sekitar koloni mereka," ungkap Professor Bo Elberling, peneiti dari University of Copenhagen, melansir Science Alert, Sabtu (16/5/2020).

Gas tawa berasal dari makanan penguin

Dinitrogen oksida yang dihasilkan itu berasal dari makanan penguin yang selama ini dikonsumsi, seperti krill dan berbagai jenis ikan yang mengandung kadar nitrogen tinggi.

Setelah buang air besar, nitrogen yang dilepaskan ke tanah kemudian diubah menjadi dinitrogen oksida oleh bakteri-bakteri.

Luna Maya Blak-blakan, Ngaku Tertarik Cowok Keturunan Oriental Dibanding Pria Bule, Ini Alasannya

Selain mencemari lingkungan, dinitrogen oksida sendiri merupakan gas penenang yang digunakan untuk keperluan medis.

Halaman
12
Editor: rida
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved