Komunitas

Kata Karsa ke Pelosok Negeri untuk Mengajar dan Mebagikan Buku

Ia mengatakan kebanyakan anak muda yang bekerja, berpikir bahwa setelah menempuh pendidikan tinggi mereka harus mencari nafkah dan bekerja di...

ist
Bripda Dwi Nurcahya Nabila pendiri Kata Karsa saat bersama anak-anak didiknya 

Kata Karsa ke Pelosok Negeri untuk Mengajar dan Mebagikan Buku

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kata Karsa adalah sebuah bentuk gerakan yang didasari oleh kepedulian relawan terhadap masyarakat yang pada saat ini berfokus terhadap seni seperti melukis, membuat puisi, dan lainnya untuk anak-anak yang putus sekolah/jalanan dan pelosok.

Terbentuk sejak 9 Februari 2019, Kata Karsa memiliki beberapa kegiatan seperti Ngajar ke Pelosok Negeri (Ngasong), pondok baca, Kita Berbagi Hari Ini (KBHI).

Pendiri Kata Karsa, Bripda Dwi Nurcahya Nabila mengatakan Ngasong adalah kegiatan pertama Kata Karsa.

Said Didu vs Luhut Panjaitan, Beber Hasil Pemeriksaan di Bareskrim Polri selama 12 Jam

Daftar Harga HP Samsung Terbaru - Galaxy M10 Rp 1 Jutaan, Galaxy A50 Mulai Rp 3 Jutaan

Selain Kenaikan Iuran, BPJS Kesehatan Juga Berlakukan Denda Jika Nunggak Bayar

Ia melakukan perjalanan diberbagai pelosok negeri di Indonesia. Dia juga membawa buku cerita sebagai hadiah untuk anak-anak yang mau ikut belajar bersamanya.

Kegemarannya terhadap traveling membuatnya melakukan misi sosial ke pelosok negeri yaitu mengajar anak-anak di suatu daerah. Selain menikmati keindahan alam juga berharap ada kebaikan yang tersebar didalamnya.

“Agar hidup bisa bermanfaat adalah dengan mengolah pengetahuan menjadi semakin dalam dan bermakna. Dengan pengetahuan manusia mengajarkan, mengembangan serta mengaplikasikan dalam peningkatan kehidupan ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Ia mengatakan kebanyakan anak muda yang bekerja, berpikir bahwa setelah menempuh pendidikan tinggi mereka harus mencari nafkah dan bekerja di tempat bergengsi. Namun menurutnya itu tidak cukup untuk membuatnya bahagia.

Bripda Dwi Nurcahya Nabila pendiri Kata Karsa.
Bripda Dwi Nurcahya Nabila pendiri Kata Karsa.

“Hidup bukan hanya tentang diri sendiri tapi juga tentang berbagi,” ujarnya.

Rutinitas pekerjaan yang sangat monoton membuatnya jenuh maka ia memulai langkah kecil seperti menjadi relawan di sebuah komunitas.

Kesulitan yang dihadapi sampai saat ini mungkin ada pada pencarian anak-anak yang memiliki kemauan kuat dalam proses pengajaran. Sebagai relawan juga harus dapat melakukan pendekatan kepada mereka agar dapat termotivasi dan percaya diri supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Relawan Kata Karsa sampai saat ini berjumlah lebih kurag 50 anggota. Tiap tahunnya Kata Karsa membuka open recruitment untuk relawan baru. Kegiatan Kata Karsa bisa dilihat pada instagram @kata_karsa. (nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved