Antisipasi Tambahan Pasien Luar Jambi

Al Haris Minta Kades Lacak Warga Merangin yang Kontak dengan Pasien Corona

Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Merangin terus meningkat, saat ini jumlah orang yang sudah terkonfirmasi positif corona sudah 10 orang.

ist
Bupati Merangin Al Haris. 

TRIBUNJAMBI.COM,BANGKO -- Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Merangin terus meningkat, saat ini jumlah orang yang sudah terkonfirmasi positif corona sudah 10 orang.

Selain positif corona, saat ini sudah lebih dari 20 orang positif rapid tes.

Guna mempercepat memutuskan mata rantai Covid-19, Bupati Merangin Dr H Al Haris meminta kepada semua tim baik yang di kabupaten maupun kecamatan bahkan desa untuk menelusuri siapa saja masyarakat yang pernah kontak dengan semua pasien tersebut.

 ‘’Mohon semua camat, kepala desa dan Tim Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Kabupaten Merangin, agar tetap melokalisir dan mencari informasi jaringan dari pasien PDP,’’ kata Haris, Senin (4/5).

Warga Terdampak Covid-19 di Tanjab Barat Bisa Dibantu Dana Desa, BLT Akan Disalurkan Segera

Kisah Perjuangan Guru di Jambi Dampingi Siswanya Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Bekerjasama dengan Bulog, Pemkab Sarolangun Sediakan Gula Murah, di Sini Tempat Jualnya

Selain itu, dirinya juga meminta kepada masyarakat yang pernah kontak langsung dengan DPD selanjutnya untuk melakukan rapid test. Tujuannya agar lebih cepat diketahui kondisi mereka.

Diakui bupati, pemeriksaan rapid test hanya melihat keberadaan antibodi tubuh terhadap virus Covid-19, bukan mengetahui ada atau tidaknya virus Covid-19. Namun rapid test itu akan sangat efektif, melihat di tubuh orang yang ditest antibodi-nya.

“Untuk data berapa masyarakat dan siapa saja yang telah berkontak dengan pasien Covid-19, tidak bisa publikasikan, karena saat ini tengah didalami sebagai usaha untuk memutus mata rantai penularan virus ini,” jelas Bupati.

Ketika status pasien ditetapkan PDP, tim kesehatan secara berjenjang melakukan contac tracing. Akan tetapi jika hasilnya negatif, masyarakat yang terkontak dengan PDP tersebut, tetap diimbau untuk isolasi di rumah.

Apalagi ketika terkonfirmasi positif, ini dilacak minimal tujuh hari sebelum pasien ada keluhan. Intinya masyarakat yang ada kontak dengan PDP harus mengisolasi diri secara mandiri.

‘’Apabila nanti ada keluhan, segera menghubungi petugas kesehatan agar mendapatkan pelayanan sesuai standar dan dilanjutkan dengan rujukan jika diperlukan,” imbuhnya.

Pemeriksaan cepat rapid test kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak langsung dengan PDP tersebut tegas bupati, untuk mempercepat memutuskan matarantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Merangin.

‘’Saya berharap betul masyarakat yang pernah kontak langsung dengan PDP dapat datang memeriksakan diri ke RSD Kol Abundjani Bangko. Ini semua demi kita bersama, karena saya sangat menyayangi dan mencintai masyarakat,’’ pungkasnya.(*)

Penulis: muzakkir
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved