Tetap Jaga Asupan Gizi Saat Pandemi Covid-19

Di tengah pendemi corona kita tetap harus menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai virus.

Tribunjambi/Nurlailis
Dosen ilmu gizi Stikes Baiturahim Jambi, Dini Wulandari. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Di tengah pendemi corona kita tetap harus menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai virus.

Dosen ilmu gizi Stikes Baiturahim Jambi, Dini Wulandari menjelaskan untuk menjaga imunitas tubuh kita tetap harus berpedoman pada asupan gizi seimbang dengan mengurangi gula, garam dan lemak.

“Untuk makanan seimbang itu dalam satu piring nasi ada nasi, sayuran, lauk hewani dan lauk nabati,” jelasnya, (17/4).

Pemprov Jambi Siapkan Bantuan untuk Pabrik Karet Agar Tak Tutup Selama Pandemi Covid-19

1.300 Warga Terdampak Covid-19 di Sarolangun Dapat Bantuan Beras, Pemerintah Siapkan 26 Ribu Ton

VIDEO Warga Jambi Tetap Olahraga di Luar Saat Pandemi Covid-19

Kebutuhan asupan gizi tinggi yang meningkatkan imunitas itu dibutuhkan makanan sumber anti oksidan seperti pada sayur dan buah. Jadi perbanyak makan sayur dan perbanyak makan buah agar imunitas tetap terjaga.

Rempah-rempah seperti jahe dan kunyit juga banyak mengandung anti oksidan tinggi sehingga kalau memasak menggunakan rempah tersebut itu juga bisa mendapatkan manfaat untuk tubuh.

“Meskipun mengolah wedang jahe juga perlu diingat untuk tetap mengurangi gula, garam dan lemak. Sebagai gantinya pemanis bisa menggunakan madu dan gula aren. Terlebih madu sangat baik sekali dikonsumsi pada masa pandemi sekarang ini,” ungkapnya.

Menurutnya yang paling penting juga menjaga keamanan makanan yang dibeli. Kita tidak tau berapa banyak orang yang sudah menyentuh bahan makanan yang dibeli. Sehingga jangan lupa cuci tangan sebelum mengolah makanan, mencuci baha baku yang dibeli dengan air mengalir.

Adapun makanan yang tidak disarankan adalah makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan karena berpengaruh pada sistem kerja metabolisme tubuh.

“Kalau metabolisme tubuh kita tertanggu penyakit akan mudah datang. Terlebih penyakit degeneratif seperti hipertensi dan diabetes,” pungkasnya. (lai)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved