PSBB

Sikapi Pemberlakukan PSBB, Pengusaha Bus akan Sesuaikan Harga Tiket

Besok, Jumat (10/4) akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pengusaha bus akan melakukan penyesuaian harga tiket.

tribunjambi/wahyu herliyanto
Ilustrasi bus antar kota 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Besok, Jumat (10/4) akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pengusaha bus akan melakukan penyesuaian harga tiket.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani menyebut, dengan diberlakukannya PSBB tentunya akan berdampak secara langsung kepada otobus.

Pihaknya juga akan melakukan penyesuaian harga tiket walaupun menurutnya akan berimbas pada daya beli masyarakat yang belum tentu ada.

"Yang pasti kami lakukan mengikuti protokol PSBB dengan melakukan social distancing di dalam bus dengan menerapkan penjualan tiket 50% dari kapasitas," ujar Kurnia kepada kontan.co.id, Kamis (09/4).

Kurnia juga menjelaskan, per hari ini H-1 diberlakukannya PSBB bus yang beroperasi juga hanya 10% di masing-masing PO dengan okupansi 15%.

VIDEO DKI Jakarta Terapkan PSBB Mulai Besok, Anies Baswedan Sudah Pikirkan Efeknya di Wilayah Lain

"Dan sudah ada beberapa PO yang stop operasi karena semakin turunnya permintaan. Kemungkinan stop operasi lebih besar untuk kedepannya," kata Kurnia.

Selain itu, dengan kondisi seperti ini pihaknya juga tengah melakukan survival management untuk waktu yang belum ditentukan kedepannya

"Dengan mulai mengurangi load kerja karyawan," katanya.

Kurnia mengaku sampai saat ini belum Ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada perusahaan otobus, pihaknya juga menyebut tidak bisa memberikan insentif kepada karyawan karena perusahaan tidak ada pemasukan saat ini.

Dukung Kebijakan Pusat Terkait PSBB, Safrial Imbau Masyarakat Tanjabbar Tunda Mudik

"Gimana mau kasih insentif orang perusahaan saja tidak ada pemasukan. Di tengah PSBB kami memberlakukan shift hari kerja dan menyesuaikan gaji dengan pemotongan kehadiran," jelas Kurnia.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: PSBB diberlakukan, pengusaha bus akan lakukan penyesuaian harga tiket

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved