Virus Corona di Jambi

57.308 Masyarakat di Jambi Bisa Nikmati Listrik Gratis, Begini Mekanismenya

Menyusul kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, PT PLN (Persero) UP3 Jambi siap mendukung penuh kebijakan tersebut.

tribunnews
PLN 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menyusul kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, PT PLN (Persero) UP3 Jambi siap mendukung penuh kebijakan tersebut. Hal itu dilakukan dengan tetap mengikuti petunjuk dari PLN Pusat.

Seperti diketahui, Selasa (31/3/2020) lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelanggan listrik rumah tangga golongan 450 volt ampere (VA) akan digratiskan selama 3 bulan ke depan terhitung mulai bulan April 2020. Selain itu, pelanggan 900 VA golongan bersubsidi juga akan diberikan diskon tarif sebesar 50% dengan masa pemberlakuan yang sama.

Menanggapi hal itu, Manager PLN UP3 Jambi, Hanfi Adrhean Abidin menjelaskan, di PLN UP3 Jambi ada sebanyak 57.308 masyarakat yang menjadi pelanggan tarif rumah tangga daya 450 VA. Sedangkan untuk rumah tangga daya 900 VA bersubsidi, berjumlah 35.466 pelanggan.

Hasil Rapid Test PDP di Tanjabbar Positif Virus, Agus: Belum Bisa Dipastikan itu Covid-19

10 Ribu Bibit Kopi Disiapkan untuk Petani di Tanjab Timur, Akan Disalurkan Setelah Wabah Corona

VIDEO Viral, Penemuan APD Bekas Pakai Dibuang Sembarangan ke Selokan Warga di Jagakarsa

"Tentu kita dukung penuh program pemerintah, dan kita ikuti sesuai petunjuk dan arahannya. Pelanggan yang termasuk dalam kebijakan ini adalah masyarakat kurang mampu sesuai Basis Data Terpadu (BDT) dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)," jelasnya.

Dalam hal ini, PLN sebagai operator yang menjalankan kebijakan pemerintah, tidak memiliki kewenangan untuk menentukan siapa yang berhak atau tidak berhak menerima pembebasan dan pemotongan biaya rekening listrik ini.

"Kami menyesuaikan dengan basis data dari TNP2K," ujarnya.

Hanfi menambahkan, kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian. Lebih lanjut, PLN siap dan mendukung penuh program tersebut dengan harapan bisa membantu masyakarat pelanggan daya kecil yang terdampak pandemi.

Dia menjelaskan, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei, dan Juni. Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id . Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Harapan kami, kebijakan pemerintah ini bisa membantu mengurangi beban masyarakat kurang mampu, dan sejalan dengan himbauan pembatasan kontak fisik yang mendorong masyarakat tetap di rumah untuk mencegah penularan yang makin luas. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama masa sulit ini,” pungkas Hanfi.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.
Mekanisme website dengan cara:

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved