Batanghari Siapkan Rp44 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Pada Senin kemarin, Bupati menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tim gugus tugas Covid-19

Istimewa
Bupati Batanghari Syahirsah mengatakan pemkab menganggarkan Rp 44 miliar untuk penanganan Covid-19 

Batanghari Siapkan Rp44 Miliar

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Pada Senin kemarin, Bupati menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tim gugus tugas Covid-19 yang dilaksanakan di halaman kantor BPBD kabupaten Batanghari.

Pada Rakor tersebut, bupati mengatakan bahwa Pemkab sudah mempersiapkan dana Rp44 miliar lebih. "Anggaran itu diambil dari pergeseran di sejumlah kegiatan," kata Syahirsah.

Bupati juga menyampaikan bahwa masih ada peluang penambahan anggaran, akan tetapi pihaknya masih menunggu Perpu. "Kita masih menunggu perpu, namun di sisi lain penyebaran Covid-19 ini kan tidak bisa ditunda. Jadi itu kendalanya," tegas Bupati. Anggaran tersebut akan digunakan untuk keperluan alat pelindung diri (APD), obat-obatan, dan alat tes.

Pemkab saat ini juga tengah melakukan pendataan kepada warganya untuk menerima bantuan sebesar Rp 150 ribu per KK setiap bulannya.

Baru Satu

Sementara itu, baru satu perusahaan ikut sumbangsih membantu pemerintah dalam menangani dampak virus Corona (Covid-19) yaitu PT. Nangriang.

Bentuknya 2 ton beras dan uang Rp 20 juta. "Baru satu perusahaan yakni PT Nangriang," kata Kepala BPBD Batanghari Nazhar, Selasa (7/4).

Nazhar juga menyebutkan Pemkab Batanghari mengharapkan bantuan dari perusahaan lain yang ada di wilayah Kabupaten Batanghari karena untuk bantuan beras setidaknya dibutuhkan 100 ton lebih.

Imbauan yang Mudik

Kadinkes Batanghari, Elvie Yannie mengimbau masyarakat mematuhi surat edaran Kemenag tentang Ramadan dan Idul Fitri. "Dan jika memang harus dan terpaksa mudik, agar nantinya jika sampai di kampung halaman, masyarakat diminta untuk dilakukan pemeriksaan, dan jangan keluar rumah, jika terpaksa menggunakan masker dan selalu mencuci tangan," jelasnya.

Ia juga mengatakan, masyarakat yang terpaksa untuk mudik harus mematuhi protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah.(dly)

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved