Virus Corona

Tips dan Cara Memilih Bahan Masker Nonmedis yang Baik, Tiga Lapis dan Perawatan agar Tetap Bersih

Sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pemerintah meminta masyarakat mulai kemarin, Minggu (5/4/2020) untuk mengenakan masker.

cottontimemagazine.com
Cara membuat masker kain 

TRIBUNJAMBI.COM - Sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pemerintah meminta masyarakat mulai kemarin, Minggu (5/4/2020) untuk mengenakan masker.

Penggunaan masker ini untuk mencegah penularan COVID-19.  "Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, Minggu (5/4/2020).

Yuri menjelaskan, masyarakat umum dapat menggunakan berbahan dasar kain. Sedangkan tenaga kesehatan wajib mengenakan masker bedah atau masker N95.

Menurut dia, penting bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan ada banyak sekali ancaman penularan virus.

Pandemi Covid-19, Pendapatan Negara Anjlok, Apakah Gaji Ke-13 dan THR PNS Dipangkas?

Korban DBD di Kota Jambi Bertambah Lagi, Bocah 10 Tahun Meninggal

Disarankan, penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air dan dipastikan bersih sebelum dipakai kembali.

Lalu bagaimana cara memilih masker nonmedis yang aman?

Menyusul imbauan pemerintah dan sejumlah otoritas kesehatan resmi dari berbagai negara untuk menggunakan masker, belakangan jamak beredar cara membuat masker.

Ada yang sederhana dengan memanfaatkan kaus, bandana, sampai syal tanpa dijahit. Beberapa membuat masker kain menggunakan mesin jahit dengan beragam model atau desain.

Agar Anda tak bingung memilih model masker kain, bahan masker kain, hingga cara perawatannya. Berikut panduan memilih masker kain berdasarkan rekomendasi ahli:

Gunakan masker dengan cara yang benar

Masker dapat melindungi seseorang dari penyakit yang menular lewat saluran pernapasan, termasuk infeksi virus corona, saat digunakan dengan benar.

Halaman
123
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved