Breaking News:

Virus Corona

Sri Mulyani Sampaikan Outlook APBN 2020 Terbaru ke DPR, Defisit Anggaran Naik jadi Rp 853 T

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan outlook defisit APBN 2020 akan menjadi jauh lebih lebar.

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan outlook defisit APBN 2020 akan menjadi jauh lebih lebar.

Sri Mulyani mengungkapkannya dalam rapat kerja Komisi XI DPR RI yang digelar secara virtual, Senin (6/4).

Rapat kerja membahas soal perkembangan ekonomi nasional yang terdampak oleh wabah virus corona  atau Covid-19 di Indonesia itu juga diikuti Gubernur Bank Indonesia, Ketua OJK, dan Ketua LPS, Senin (6/4).

 Wabah ini telah menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan global.

Menurut Sri Mulyani, defisit anggaran naik dari sebelumnya Rp 307,2 triliun atau 1,76% terhadap PDB menjadi sebesar Rp 853 triliun atau setara 5,07% terhadap PDB.

VIDEO Sri Mulyani Incar Pajak untuk Zoom dan Netflix karena Banyak Diakses Selama WFH

Kenaikan defisit disebabkan oleh outlook pendapatan negara yang menurun cukup signifikan yaitu dari sebelumnya ditargetkan sebesar Rp 2.233,2 triliun menjadi hanya Rp 1.760,9 triliun.

Di sisi lain, outlook belanja negara mengalami kenaikan dari sebelumnya diasumsikan sebesar Rp 2.540,4 triliun menjadi sebesar Rp 2.613,8 triliun.

“Belanja untuk kebutuhan meningkatkan sektor kesehatan dan memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat terdampak sehingga jaminan sosial meningkat secara luar bisa, serta kebutuhan melindungi dunia usaha baik dalam bentuk pajak maupun pemberian relaksasi,” tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, outlook APBN yang disampaikannya tersebut bukan merupakan kepastian.

Pertumbuhan Ekonomi Kuat, Japan Credit Rating Agency Naikkan Outlook Utang Indonesia jadi Positif

Sebab, pergerakan ekonomi dan sosial masih akan terjadi terutama pada bulan April dan Mei yang disebut sebagai periode puncak penyebaran Corona di Indonesia, serta tergantung pada respon kebijakan pemerintah.

"Sehingga asesmen dan prediksi ini adalah outlook yang basisnya adalah skenario yang kita lihat berdasarkan asumsi yang kita kembangkan. Setiap minggu dan setiap bulan kami akan terus mengupdate outlook APBN yg masih sangat mungkin berubah,” tandas Sri Mulyani.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Sri Mulyani beberkan outlook APBN 2020 terbaru ke DPR

Editor: Fifi Suryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved