Virus Corona

Pemerintah Siapkan Dana Rp3 Triliun untuk Program Gratis dan Diskon Listrik Tiga Bulan

Pemerintah memberikan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi dampaus corona,

ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA
Ilustrasi: meteran listrik 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pemerintah memberikan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi dampaus corona,

Presiden Joko Widodo mengumumkan sejumlah langkah tersebut, Selasa (31/3). 

Salah satu kebijakan yang diambil adalah pembebasan biaya listrik tiga bulan untuk 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengungkapkan, program tersebut dijalankan pada periode April, Mei dan Juni. Kedua golongan yang diberikan insentif tersebut merupakan golongan pelanggan bersubsidi.

WHO Tak Rekomendasikan Penggunaan Masker Massal; Tak Ada Bukti Spesifik Memiliki Potensi Manfaat

Rida bilang, insentif untuk tagihan listrik tersebut merupakan bagian dari program perlindungan sosial yang dituangkan dalam peraturan khusus. Alokasi dana untuk program perlindungan sosial tersebut sebesar Rp 110 triliun. Sementara khusus untuk insentif listrik, dana yang disiapkan pemerintah sekitar Rp 1 triliun per bulan atau sekitar Rp 3 triliun selama tiga bulan.

"Alokasi dana untuk pemberian keringanan tagihan listrik tersebut, perkiraan kami untuk tiga bulan diperlukan dana sekitar Rp 3 triliun atau kira-kira Rp 1 triliun per bulan," kata Rida saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (31/3).

Respon Kesulitan Masyarakat; Jokowi Gratiskan Tarif Listrik 450 VA 3 Bulan, Diskon 50% untuk 900 VA

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengapresiasi kebijakan tersebut. Dalam perhitungan Fabby, konsumsi golongan 450 VA berkisar 30 kwh-80 kwh per bulan. Sedangkan untuk konsumsi 900 VA sekitar 50 kwh-90 kwh per bulan.

Kebijakan untuk dua golongan tersebut, kata Fabby, memberikan jaminan akses untuk energi listrik bagi rumah tangga tidak mampu di tengah kondisi pandemi virus corona. "Sekaligus menjaga daya beli. Dalam kondisi saat ini kebijakan ini diperlukan untuk meredam dampak pelemahan ekonomi terhadap pendapatan dan daya beli yang melemah," kata Fabby.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Program gratis dan diskon listrik tiga bulan, Pemerintah siapkan dana Rp 3 triliun

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved