P2DK Sarolangun Diarahkan Fokus Kembangkan Unggulan Desa Majukan Ekonomi Kerakyatan

Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, adalah Program Percepatan Pembangunan

Istimewa
Cek Endra 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, adalah Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK).

Program tersebut masuk dalam daftar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Sarolangun.

Program itu kedepan diarahkan untuk melakukan pengembangan ciri khas desa dalam rangka memajukan ekonomi kerakyatan.

Kata Bupati Sarolangun Cek Endra, arah pembangunan salah satunya melalui proses dari penggunaan dana program P2DK, sebesar Rp 200 juta Per desa dan kelurahan.

"Di bidang ekonomi kerakyatan kita fokus juga, P2DK merupakan salah satu program unggulan Sarolangun, yang harus kita dorong. Ke depan lebih fokus lagi terhadap unggulan desa," katanya belum lama ini.

Kata Cek Endra bahwa pengembangan unggulan desa tersebut dilakukan oleh para kepala desa dan Lurah, sesuai dengan ciri khas desa yang ada.

Seperti pengembangan pariwisata, jasa kuliner, ataupun di sektor peternakan, perikanan ataupun perkebunan, sesuai dengan potensi desa yang ada.

"Saya harap P2DK dapat meningkatkan ekonomi desa dengan spesifikasi yang spesifik, yaitu ciri khas desa yang dikembangkan, silahkan sesuai dengan potensi desa," katanya.

Lanjutnya, jika untuk kenaikan jumlah anggaran belum bisa ditentukan, bahwa hal ini karena kondisi keuangan saat ini katanya kenaikan besaran dana P2DK tersebut sepertinya belum bisa dilakukan.

"Kita lihat kemampuan keuangan kita, yang penting visi dan misi kita dengan anggaran yang ada saat ini bisa diwujudkan. Kita akan lihat, karena kondisi negara saat ini saya lihat anggaran masih susah, harga komoditas semua turun, pajak turun, harga minyak turun dan saya menduga 2021 anggaran kita juga bisa turun, kalau bertambah agak berat," katanya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved