Virus Corona di Jambi

Lawan Corona, Mahasiswa Jambi Ikut Jadi Relawan Covid-19

Ada sekitar 15 ribu mahasiswa siap menjadi relawan penanganan corona. Mahasiswa tersebut dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia termasuk Jambi.

usa today
IIlustrasi 

Lawan Corona, Mahasiswa Jambi Ikut Jadi Relawan Covid-19

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ada sekitar 15 ribu mahasiswa siap menjadi relawan penanganan corona. Mahasiswa tersebut dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia termasuk Jambi.

Salah satu relawan alumni Akper Garuda Putih Jambi, Rido Saputra mengatakan untuk saat ini jumlah pastinya relawan yang ada di Jambi belum diketahui. Saat ini para relawan tergabung dalam grup besar se Indonesia.

“Di grup belum ada pendataan dan pembagian wilayah. Yang saya kenal teman-teman Jambi itu ada 7 orang. Mereka dari STIKBA, Unja dan alumni Gapu,” ungkapnya, (27/3).

Untuk saat ini para relawan masih tahap pembekalan dan pelatihan. Di grup dishare berbagai materi terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Juga sudah ada pelatihan via online melalui live kanal YouTube dan langsung diisi oleh Mendikbud, WHO Indonesia, ISMKI dan perwakilan Kemenkes.

Hindari Diskriminasi, Satgas Penanganan Corona Bungo Tidak Akan Ungkap Identitas Pasien

Mulai 30 Maret 2020, ASN di Sarolangun Kerja dari Rumah, Kantor Tetap Buka

Update Kasus Virus Corona di Provinsi Jambi, Jumlah ODP Meningkat Jadi 1.011 Orang

“Jadi untuk saat ini, kami menjadi sumber informasi dari Kemendikbud dan Kemenkes yang nantinya harus disebarkan pada masyarakat,” ujarnya.

Saat ini juga belum ada penugasan untuk langsung terlibat di lapangan. Info terakhir yang ia dapatkan masih menunggu apakah nantinya di pusat membutuhkan tenaga tambahan atau tidak.

Kalau iya, nanti dipilah kembali dari teman-teman relawan yang mempunyai basic di kesehatan untuk berangkat membantu penanggulangan Covid-19 di lokasi yang akan di tentukan pusat.

Untuk berapa lama menjadi relawan, ia mengatakan sampai dengan Covid-19 ini benar-benar bisa diatasi di Indonesia.

Ia menyampaikan mendaftar menjadi relawan ini karena mendapat info grup kuliah. Setelah mengisi google form relawan akan dipisah menjadi 2. Pertama relawan non medis, dan relawan dari basic kesehatan.

“Kebetulan saya tergabung di grup relawan medis. Setelah tergabung relawan medis, nantinya kita akan diseleksi lagi sesuai dengan tingkat pendidikan dan mengisi google form kembali untuk relawan medis yang sesuai dengan kriteria yang ada seperti mahasiswa keperawatan Ns, mahasiswa COASS, mahasiswa profesi kebidanan dll,” paparnya. (lai)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved