Mengejutkan! Candi Borobudur Tak Masuk 7 Keajaiban Dunia, Ini Langkah Tegas UNESCO

Dengan kemegahannya sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia, ternyata Candi Borobudur tidak masuk ke dalam Tujuh Keajaiban Dunia.

google
Candi Borobudur di Magelang 

TRIBUNJAMBI.COM - Dengan kemegahannya sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia, ternyata Candi Borobudur tidak masuk ke dalam Tujuh Keajaiban Dunia.

Penilaian subyektif Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, munculnya 7 Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of the World dimulai dari yayasan dari Swiss.

Yayasan tersebut bernama New Open World Corporation (NOWC) yang memulai survei pada 2000.

Miniatur Candi Borobudur di Hotel Borobudur Jakarta.
Miniatur Candi Borobudur di Hotel Borobudur Jakarta. (rj-story.com)

Di mana NOWC saat itu tidak memasukkan Candi Borobudur dalam Antipater Sidon.

Versi Antipater Sidon yang saat itu masuk menjadi populer adalah Piramida Giza, Taman Gantung Babilonia, Patung Zeus di Limpia, Kuil Artemis Turki, Mercusuar Iskandariah, dan Mausoleum.

UPDATE Harga HP Vivo Terbaru V17 Pro, S1 Pro, Z1 Pro, 13 Maret 2020

Seorang Pasien Virus Corona di Solo Meninggal Dunia, Tak Ada Riwayat ke Luar Negeri

Kemudian NOWC menyebarkan kampanye untuk menentukan New 7 Wonders of the World dan didukung lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Pengambilan survei atau polling dilakukan dengan online dan diumumkan pada 2007. Seperti yang sudah diketahui, hasil poliing tersebut menuai banyak kritik. Pasalnya keajaiban dunia yang diperkenalkan NOWC hanya beberapa tempat yang populer dan banyak diketahui oleh banyak orang.

Hal tersebut membuat UNESCO mengambil sikap tegas. Dilansir dari situsnya, UNESCO memilih untuk tidak ikut campur dalam hal apapun.

Foto lawas Candi Borobudur di Magelang
Foto lawas Candi Borobudur di Magelang (Istimewa)

Sehingga polling yang dilakukan Bernard Weber tidak ada kaitan atau hubungannya dengan UNESCO yang menjadi penilaian dan inisiatif pribadi. Tujuan dan mandat UNESCO adalah membantu negara-negara dalam mengidentifikasi, melindungi, dan melestarikan Warisan Dunia.

Candi Borobudur adalah bagian dari World Heritage List yang dikeluarkan oleh UNESCO. Sampai saat ini nama Candi Borobudur masih berada pada daftar UNESCO.

Halaman
12
Editor: heri prihartono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved