Tolak RUU Cipta Kerja

VIDEO: Unjuk Rasa Buruh Tolak RUU Cipta Kerja di Depan DPRD Provinsi Jambi

Mereka menilai, pasal-pasal yang diusulkan dalam RUU Cipta Kerja Asing sangat berpotensi merugikan hak-hak pekerja yang sebelumnya telah diatur...

VIDEO: Unjuk Rasa Buruh Tolak RUU Cipta Kerja di Depan DPRD Provinsi Jambi

TRIBUNJAMBI.COM. JAMBI - Ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Jambi bersama Kelompok Cipayung Jambi, Rabu (11/3/2020) pagi, menggelar aksi demo di depan kantor Gubernur Jambi.

Terkait penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja yang menghilangkan Jaminan Hari Tua (JHT) bagi para buruh.

Mereka menilai, pasal-pasal yang diusulkan dalam RUU Cipta Kerja Asing sangat berpotensi merugikan hak-hak pekerja yang sebelumnya telah diatur dalam Undang-Undang nomor 13 tahun 2003.

Di antaranya, memperluas kesempatan bagi tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia, memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk membuat perjanjian kerja dalam hal ini perjanjian kerja waktu tertentu atau kontrak tanpa batasan waktu.

Edi Purwanto Temui Pendemo di Depan Kantor DPRD, Sampaikan Hal Ini

Sejumlah Pejabat Dunia yang Positif Terjangkit Virus Corona Ada Wakil Presiden & Menteri Kesehatan

Upah minimum yang digunakan hanyalah Upah Minimum Provinsi (upah minimum kabupaten/kota, sektor dihapuskan), dihapusnya cuti kecuali hak cuti tahunan, dan penghargaan masa kerja yang diterima nilainya menurun.

"Tolak Omnibuslaw, hari ini kita akan berjuang untuk kesejahteraan pekerja, kita harus lawan," teriak orator aksi.

Ratusan peserta demo tersebut datang ke kantor Gubernur Jambi dengan berkonvoi kendaraan bermotor. Dari kantor Gubernur Jambi, mereka melanjutkan aksi di gedung DPRD Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto saat menyambut para peserta aksi, menyampaikan juga menolak RUU Cipta Kerja karena banyak kelemahan-kelemahan di dalamnya.

"Hari ini akan kita tanda tangani tuntutan kalian semua dan akan kita kirim ke DPR RI," tambahnya.

(Tribunjambi.com/Hanif Burhani)

https://youtu.be/VaSS_DwI1Ek

Penulis: haniftribun
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved