Kondisi Calon Jemaah Haji Saat Ramai Virus Corona, Menteri Agama: Tak Ada Masalah

Nizar mengatakan, tim dari Kemenag dan Kemenkes akan mengawal jemaah haji sejak dari Tanah Air hingga di Mekah.

Tribun Jambi/Zulkifli
Ilustrasi: Rombongan jemaah haji kloter pertama atau kloter 21 Provinsi Jambi akhirnya tiba di Jambi, Sabtu (7/9) dini hari. 

Kondisi Calon Jemaah Haji Saat Ramai Virus Corona, Menteri Agama: Tak Ada Masalah

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengantisipasi jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci aman dari virus Corona.

Nizar mengatakan, tim dari Kemenag dan Kemenkes akan mengawal jemaah haji sejak dari Tanah Air hingga di Mekah.

"Kalau kami, akan koordinasi dengan kementerian kesehatan terutama pengawalan di asrama haji, ketika sebelum berangkat," kata Nizar dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu (26/2/2020).

Nizar meminta saran dari Komisi VIII DPR terkait pemeriksaan kesehatan jemaah haji saat pulang ke Tanah Air.

Mengapa Rudy Badil dan Nanu Mulyono Keluar Warkop DKI?

Siapa Sebenarnya Istri Dono Warkop DKI yang Tak Pernah Muncul? Ini Foto Penampilan Cantiknya

Kondisi Madonna Bule Pacar Dono Warkop DKI, Jangan Kaget karena Ternyata Sekarang Seperti Ini

"Mohon nanti sumbang saran terkait persoalan waktu ketika pulang ini juga harus ada semacam pemeriksaan, scanning itu tadi. Kan ini butuh waktu. Ini mau kita scanningnya di Bandara Saudi atau di asrama haji ketika jemaah haji kembali," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, sampai saat ini, informasi dari Kementerian Kesehatan menyatakan belum ada tanda-tanda wabah virus Corona di Arab Saudi.

Fachrul yakin, Arab Saudi memiliki antisipasi yang baik terkait penyebaran virus Conora terutama dalam aspek kepentingan ekonomi dan ibadah.

"Oleh sebab itu, Arab Saudi betul-betul menjaganya. Dan harapan kita mencoba untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. Tapi, memang kalau kita bicara ke publik, kita katakan InsyaAllah tidak ada tentang masalah Corona di Arab Saudi," ujarnya memastikan.

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dalam rapat kerja kemarin sempat bertanya kepada Menag Fachrul terkait kesiapan Kementerian Agama mengantisipasi penyebaran virus corona terhadap jemaah haji di Makkah, Arab Saudi.

Yandri menjelaskan banyak jemaah yang khawatir penyebaran virus corona yang telah terjadi di berbagai negara.

"Adanya langkah-langkah strategis untuk virus corona ini pak, karena kalau dari negara Cina di undang ke tanah suci mungkin Singapura ke tanah suci, mungkin ada guncangan psikis, pak pada jemaah haji kita," katanya di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Senayan, Jakarta.

Menteri Agama Fachrul Razi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/2/2020).
Menteri Agama Fachrul Razi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/2/2020). (Tribunnews.com/ Chaerul Umam)

"Nah ini bagaimana kita semua meyakinkan kepada jemaah haji yang berangkat yang berangkat ke tanah suci benar-benar nyaman, tidak was-was dan kegelisahan yang luar biasa. Saya kira isu corona ini sangat luar biasa," imbuhnya.

Merespons itu, Fachrul mengungkapkan dirinya telah beberapa kali berdiskusi dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved