Breaking News:

Kurangi Sampah Plastik, Maulana Ajak Anak-anak di Kota Jambi untuk Peduli Sampah

Wakil Walikota Jambi Maulana menghadiri kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, di Taman Remaja, Kota Jambi, Sabtu (22/2).

Kurangi Sampah Plastik, Maulana Ajak Anak-anak di Kota Jambi untuk Peduli Sampah

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Wakil Walikota Jambi Maulana menghadiri kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, di Taman Remaja, Kota Jambi, Sabtu (22/2). Kegiatan tersebut secara nasional digelar serentak.

Ratusan pelajar tingkat sekolah dasar dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Hal itu merupakan upaya untuk menumbuhkembangkan semangat pengolahan sampah untuk anak-anak. Dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba pemilahan sampah bagi anak-anak.

Wakil Walikota Jambi Maulana mengatakan, pada kegiatan tersebut fokus untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap sampah. Mengajak anak peduli lingkungan dengan mengurangi sampah mulai dari rumah, sekolah dan tempat lainnya.

Turnamen Walikota Cup 2020 Segera Dimulai, Pemkot Jambi Siapkan Hadian Jutaan

Pebalap Semarang Jurai Drag Bike 2020 di Kota Jambi

Ini Deretan Fasilitas Baru Siloam Hospital di Tahun 2020

“Anak-anak sudah mulai memahami aturan, bahwa dipusat perbelanjaan tidak boleh lagi ada kantong plastik. Mereka sudah tau harus bawa kantong belanja ramah lingkungan dari rumah,” kata Maulana.

Anak-anak yang hadir pada kegitan tersebut diuji langsung oleh Wakil Walikota Jambi tentang pemahaman sampah. Mereka diberi hadias berupa alat tulis oleh Wakil Walikota Jambi karena behasil menjawab ujian tentang sampah dari Wakil Walikota Jambi.

“Anak-anak sudah diuji, pemahamannya terkait bahaya sampah plastik sudah cukup baik,” imbuhnya.

Maulana menyebutkan, dirinya berharap anak-anak bisa menerapakan dan menjadi pelopor pengurangan sampah plastik di rumah tangga.

“Bumi ini titipan generasi yang akan datang yang wajib kita jaga,” ujarnya.

Pemerintah Kota Jambi kata Maulana, komitmen dalam upaya pengurangan samapah plastik. Pihaknya sudah melibatkan banyak stake holder untuk turun ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan, pemahaman terkait sampah plastik.

“Anak-anak ini lebih bisa mengena jika menegur orang tua terkait peduli sampah. Untuk di rumah, mereka bisa mengena ke orang tuanya,” katanya.

Sementara Ardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada hari peduli sampah nasional 2020. Mulai dari FGD terkait pengolahan sampah, dan memberikan pemahaman kepada anak tingkat sekolah dasar terkait sampah.

“Kita menumbuhkembangan semangat pengolahan sampah untuk anak-anak. Kita libatkan anak dalam lomba pemilahan sampah,” katanya.

“Ke depan kita akan melakukan bersih-bersih di daerah wisata, akan kita laksanakan di kawasan Danau Sipin dalam waktu dekat,” pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved