Campus Zone

Seminar Nasional Energi dan Material Maju ke-2 Berlangsung di Universitas Jambi

Seminar Nasional Energi dan Material Maju ke-2 Berlangsung di Universitas Jambi

Seminar Nasional Energi dan Material Maju ke-2 Berlangsung di Universitas Jambi
IST
Seminar Nasional Energi dan Material Maju ke-2 Berlangsung di Universitas Jambi 

Seminar Nasional Energi dan Material Maju ke-2 Berlangsung di Universitas Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pusat Studi Energi dan Nano Material PS-ENAM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (Unja), menggelar seminar nasional Energi dan Material Maju Ke-2 dengan tema Energi dan material Maju untuk mendukung Visi Indonesia Maju 2045 diadakan di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III Unja Mendalo.

Keynote Speaker yang hadir adalah Aya Takeru Higuchi Distinguished Prof. Teruna Siahaan dari Kansas University, United state of America, Prof. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D, Rektor Unja, Prof. Dr. Ivandini Tribidasari dari Universitas Indonesia peraih Habibi Award periode XXI tahun 2019 bidang ilmu dasar, dan Prof. Wega Trisunaryati, M.S, Ph.D. Eng.

Sedangkan Invited Speaker adalah Dr. Sal Prima Yudha M.Si dari Universitas Bengkulu, Dr. Suripto Dwi Yuwono,S.Si.,M.T dari Universitas Lampung, Dr. Oman Zuas, S.Si.,M.Sc dari Badan Standarisasi Nasional dan Dr. Ir. Hj. Susila Arita., DEA dari Universitas Sriwijaya.

Upaya Penanggulangan Kemiskinan, Universitas Jambi Tanda Tangani MoU Program Kewirausahaan Sosial

Ini 10 Gejala Kadar Kolesterol Tinggi Pemicu Serangan Jantung, Kerap Tak Disadari Orang Banyak

INI 8 Tanda Awal Serangan Jantung, Segera Kenali Agar Tak Fatal, Mulai Nyeri di Dada Hingga Insomnia

Ketua Pusat Studi Energi dan Nano Material LPPM, Nazarudin, S.Si., M.Si., Ph.D mengatakan saat ini ada 100 orang pemakalah yang hadir dalam kegiatan ini, dan kali ini keynote speaker dan Invited speaker yang hadir yang berasal dari Provinsi lain.

“Ini merupakan seminar ke-2 seminar sebelumnya diadakan pada tahun lalu, dan kami berencana akan mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya. Mudah-mudahan akan berlanjut setiap tahun. Karena kita, khususnya Unja berkeyakinan bahwa ketahanan energi dan kemampuan kita memproduksi material maju itu adalah satu satu pondasi untuk menjadi negara maju,” ujar Nazaruddin.

Menurut Nazarudin laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat mengakibatkan kebutuhan energi dan material pun terus meningkat.

Hal ini bertolak belakang dengan ketersediaan energi fosil yang selama ini menjadi bahan bakar utama yang semakin menipis dan keterbaasan sumber daya material yang ada.

Energi fosil dan material tidak dapat diperbaharui karena membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pembentukannya.

“Untuk memenuhi kebutuhan energi dan material yang terus meningkat, pemerintah terus mengembangkan berbagai sumber energi dan material alternatif, yang baru dan terbarukan," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved